AKD DPRD Sulsel  Ditetapkan, Putra Totaja JRM Pimpin Komisi D 

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumumkan alat kelengkapan dewan (AKD) dalam sidang paripurna, Jumat (1/11/2019. Dalam AKD tersebut teedapat 5 komisi ditambah Banggar, Banperda, Bamus, dan Badan Kehormatan (BK) yang diduduki perwakilan fraksi.

“Sudah diumumkan tadi personalnya, diumumkan semuanya mulai dari Komisi A sampai E, Bamus, Banggar,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif.

Dari Lima Komsi, politisi Partai Golkar asal Toraja, Jhon Rende Mangontan (JRM) diamanahkan memimpin Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan.

Penetapan dan pengesahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan pada Jumat, 1 November 2019, melalui rapat paripurna.

Adapun komposisi Komisi D DPRD Provinsi Sulsel, yakni Ketua: John Rende Mangontang (Golkar), Wakil Ketua: Hengky Yasin (PKB) dan Fadriati AS (Demokrat

Terpilihnya JRM, menjadi sebuah kebanggan bagi masyarakat Toraja, karena tercatat baru kali ini ada Politisi asal toraja yang memimpin alat kelengkapan dewan di DPRD Sulsel.

Selain JRM, politisi Toraja lainnya yang menjadi unsur pimpinan AKD DPRD Provinsi Sulsel adalah Firmina Tallulembang. Politisi Partai Gerindra ini menjadi Wakil Ketua Komisi B. Kemudian ada politisi PDI Perjuangan, Dan Pongtasik. Dia menjadi Wakil Ketua Komisi C.

Komisi merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD pada awal masa jabatan keanggotaan DPRD. Komisi ini mengurus masalah pembangunan.

Adapun mitra kerja Komisi D terdiri dari, Biro Pembangunan Dan Pengadaan Barang/Jasa, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya Dan Tata Ruang, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Perhubungan,
Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup.
dan Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Dari sembilan Fraksi yang ada di DPRD Sulsel masing-masing mendapatkan unsur Pimpinan AKD. Partai Golkar mendapat lima pimpinan AKD, Nasdem mendapatkan empat pimpinan AKD, Gerindra mendapatkan tiga pimpinan AKD.(*)