Kinerja Moncer, Laba Bersih Panin Meningkat 16,8 Persen

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Bank Panin Triwulan III Tahun 2019 mencatat laba bersih sebesar Rp. 2,52 triliun, atau naik 16,8% dibanding periode yang sama tahun 2018.

NEWSURBAN.ID, MAKASSAR – Bank Panin melalui keterangan resmi yang dikutip dari panin.co.id, menyebutkan, peningkatan laba Bank Panin terutama didukung Pendapatan Bunga Bersih yang mencapai Rp6,67 triliun, serta Pendapatan Operasional Lain, termasuk Fee Based Income yang mencapai Rp1,59 triliun, atau meningkat 5,31%.

Total aset konsolidasi mencapai Rp212,67 triliun, naik dari posisi per 31 Desember 2018 sebesar Rp207,2 triliun.

Sementara total kredit sebesar Rp153,36 triliun. Porsi kredit Ritel dan Komersial mencapai sebesar 55% dari total kredit, dan sisanya segmen Korporasi, diantaranya real estate, manufaktur, perdagangan, dan pembiayaan infrastruktur.

Disebutkan, pertumbuhan kredit Komersial masih melambat sebagai dampak perekonomian yang belum menentu menjelang pelantikan presiden sehingga para debitur masih menunggu perkembangan pasar.

Dana Pihak Ketiga sebesar Rp. 136,89 triliun, dengan posisi CASA mencapai 36%, dan jumlah ekuitas mencapai Rp. 43,1 triliun dengan CAR 23,25%. Peningkatan modal masih perlu dikelola secara berkesinambungan dalam rangka pengembangan bisnis ke depan.

Dari sisi kualitas kredit cukup bagus. Itu terlihat pada NPL Gross yang berhasil ditekan menjadi 2,99% dan NPL Neto di bawah 1% atau 0,81%.

Sebagai bank BUKU 4, Bank Panin terus meningkatkan manajemen risiko dan manajemen likuiditas agar mencapai kinerja maksimal serta efisien.

Bank Panin juga terus memacu layanan nasabah dengan memanfaatkan fitur teknologi digital banking dan jaringan elektronik seperti Mobile dan Internet Banking, serta pembayaran berbasis kartu E-Money, yang diharapkan dapat menjangkau basis nasabah yang lebih luas dengan lebih efisien.

Anak perusahaan Bank yang dikonsolidasikan terdiri dari PT Clipan Finance Indonesia Tbk, dan PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Sedangkan perusahaan terafiliasi PT Verena Multi Finance Tbk telah melaksanakan merger dengan Bank IBJ dimana kepemilikan PaninBank sebesar 26,15%, sehingga tidak lagi termasuk dalam konsolidasi. (*)