Wali Kota Taufan Pawe Harap Pemandu Wisata di Parepare Punya Wawasan

SUARACELEBES.COM, PAREPARE –
Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar pelatihan pemandu wisata alam (snorkling).

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Amarun Agung Hamka hadir membuka acara.

Dalam kesempatan tersebut, Taufan Pawe mengapresiasi kegiatan itu. Dia mengatakan, Disporapar Parepare harus betul-betul melahirkan pemandu wisata yang berkualitas dan punya kapasitas. Kamis (6/11/2019).

“Jadi perlu pemahaman yang baik bagi pemandu wisata ini. Berhasil tidaknya menjual objek wisata di Parepare itu tergantung dari kapasitas dan wawasan mereka,” terang Taufan Pawe.

Pemandu wisata, kata Taufan Pawe, harus bekerja keras, karena menurutnya itu hal yang mudah menjadi seorang pemandu wisata. Harus menampilkan objek wisata yang punya nilai dan yang terpenting adalah punya pemikiran yang visioner.

“Bukan hanya mengantar wisatawan, tapi harus punya pribadi dan tampilan yang baik. Kemampuan menggalih informasi dan komunikasi juga dibutuhkan,” katanya.

Taufan Pawe berharap, seluruh satuan perangkat daerah terkait dapat mendukung Disporapar dalam meningkatkan Kepariwisataan di Parepare.

“Mari kita dukung. Tentu saya tidak akan tinggal diam untuk meningkatkan kepariwisataan. Manfaatkan potensi yang ada untuk meningkatkan pendapatan daerah. Kalau itu sudah dilakukan dengan baik maka teori telapak kaki yang saya canangkan dapat terwujud,” harap Taufan Pawe.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, sebanyak 40 orang pemandu wisata yang mengikuti pelatihan tersebut.

Dia juga berharap pemandu wisata nantinya dapat memahami tugasnya dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan yang ada.

“Kita harapkan melalui kegiatan pelatihan ini pemandu wisata mampu memahami betul apa yang menjadi tugasnya,” tandas Hamka. (*)