Nurmal Apresiasi Kecepatan Penetapan APBD Soppeng 2020

SUARACELEBES.COM, SOPPENG – Pemkab Soppeng dan DPRD Soppeng resmi meneken kesepahaman tentang Perda APBD 2020 Kabupaten Soppeng, Rabu (6/11/2019).

Penetapan itu lebih cepat hingga lebih dari tiga pekan dari batas akhir pada 30 November 2019 mendatang. Kecepatan penetapan APBD 2020 mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

Pengamat politik dan pemerintahan, Dr. Nurmal Idrus, MM, memberi apresiasi atas kecepatan penetapan itu. Menurutnya, ini bisa dimaknai banyak hal yang bernilai posotif. “Pertama, ini adalah gambaran betapa manajemen pemerintahan di Soppeng telah berjalan dengan baik. Termasuk di antaranya bagaimana keberhasilan eksekutif dan legislatif dalam mengkomunikasikan banyak benturan selama ini,” kata doktor ilmu manajemen ini.

Kedua lanjutnya, ditetapkannya APBD lebih cepat membuat masyarakat Soppeng lebih duluan mendapat kepastian program pembangunan di daerahnya dibanding daerah lain. “Ketika rakyat dibanyak daerah masih meraba-raba apa yang akan diberikan pemerintahnya di tahun depan, rakyat Soppeng sudah bisa memastikan apa yang akan mereka dapatkan tahun depan,” tambah Direktur Lembaga Konsultan, Nurani Strategic ini.

Hal lain lanjut Nurmal, penetapan APBD lebih cepat itu membuat pemerintah Kabupaten Soppeng dan juga masyarakatnya punya ruang yang lebar untuk menyiapkan perencanaan program programnya di tahun mendatang.

“Mereka punya ruang lebar dan waktu yang panjang untuk menyiapkan perencanaan program. Sehingga dengan demikian mereka bisa mematangkan program dan bisa segera melakukan antisipasi terhadap kemungkinan adanya kegagalan program,” tukas Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIE Amkop Makassar ini.(*)