Terganjal ADRT, Fadel Siap Ambil Alih Dekopin dari Nurdin Halid

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)  akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Kota Makassar. Wakil Ketua MPR Periode 2019-2024 Fadel Muhammad siap maju pada pemilihan dukopin yang dijadwalkan berlangsung pada  11 – 14 November 2019.

Fadel Muhammad menyatakan niatnya maju pada pemilihan ketua Dekopin, itu tak lepas dari dorongan  pengurus dekopinda dan induk koperasi di sejumlah daerah di Indonesia yang menginginkan adanya perubahan dalam Dekopin.

“Awalnya itu dari bapak Burhanuddin Abdullah, ia adalah Rektor Institite Koperasii Indonesia yang mendorong  Pak Fadel untuk Maju di Dekopin mengantikan Nurdin Halid. Kemudian pengurus dekopinda juga menginginkan Pak Fadel Maju,” kata Wasekjen Induk koperasi Kariawan. Imam Fathurrahman saat dihubungi, selasa (06/11/2019).

Menurut Fathurrahman peluang Mantan Gubernur Gorontalo Itu sangat bepeluang pimpin Dekopin, telah mengklaim sudah mendapat dukungan 75 dukungan suara.

“Pak Fadel sudah mulai menggalang dukungan. Pak Fadel kini sudah mengantogi 75 persen pemilik suara, semoga semua meraka semua solid tidak ada perubahan, karena mereka rata rata menginginkan perubahan dari segi kebijakan,” ucap Imam yang juga Tim pemenangan Fadel Muhammad.

Pada pemilihan Dekopin pemilik suara sebanyak 430 dari Dekopinda Kabupaten, 34 dari Provinsi dan 60 dari Induk Koperasi.

Lanjut Imam menjelaskan bahwa Nurdin Halid sesuai aturan Dekopin, Ia tak bisa lagi mencalonkan karena karena sudah dua periode menjabat sebagai ketua Dekopin.

“Dalam ADRT Dekopin, pasal pimpinan itu diatur 5 tahun perpriode dan maksimal 2 kali berturut turut. Kalau sesesuai aturan itu pak Nurdin Halid tak bisa lagi maju,” tegas Imam.

Jelang pelaksanaan Munas Dekopin, Nurdin Halid selaku ketua Dekopin telah menemui menteri koperasi Teten Masduki menyambut baik dan mendukung pelaksanaan munas.(*)