Adnan Purichta Tegaskan akan Bangun Unit Transfusi Darah di Markas PMI

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, Adnan Purichta Ichsan, memastikan akan membangun unit transfusi darah di periode kepengurusannya. Hal itu diungakapkan Adnan pada Musyawarah Kerja Provinsi PMI Sulsel, di Golden Tulip Essential, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (9/11/2019).

“Saya telah bertemu dengan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, beliau memastikan akan berkomitmen tetap memberikan hibah kepada PMI di tahun 2020. InsyaAllah 70 sampai dengan 80 persen akan kita prioritaskan untuk membangun unit transfusi darah di markas PMI Sulsel,” kata Adnan. Pembangunan unit transfusi darah itu sendiri, menurut Adnan, hanya melanjutkan cita-cita Ketua PMI Sulsel sebelumnya, Almarhum Ichsan Yasin Limpo.

Di penghujung tahun, Adnan juga meminta dilakukannya pelatihan kepada pengurus dan sukarelawan PMI se Sulawesi Selatan dalam rangka menghadapi musim hujan. Pasalnya PMI tidak hanya soal donor darah dan data, tapi juga harus siap ketika dibutuhkan disetiap masalah sosial kemasyarakatan.

Di Muskerprov PMI Sulsel ini, Adnan berharap seluruh peserta bisa memberikan masukan dan pendapat untuk perbaikan kinerja PMI Sulsel. “Kita berharap apa-apa yang kurang selama ini bisa diperbaiki di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel, Bachtiar Baso, dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulsel, mengungkapkan Muskerprov ini adalah momen strategis dalam mengevaluasi tugas-tugas kemanusian. Tugas PMI, menurutnya, sangat berat, karena bertugas memberikan penolongan pertama, aksi sosial, dan meminimalisir dampak bencana.

“Keberadaan PMI juga semakin luas. Jumlah sukarelawan PMI juga semakin banyak,” katanya.

Bachtiar juga mengungkapkan apresiasinya atas apa yang telah dilakukan dan dicanangkan almarhum H Ichsan Yasin Limpo selama menjabat Ketua PMI Sulsel. Terkait unit transfusi darah yang akan dibangun di markas PMI Sulsel, ia memastikan Pemprov akan mendukung dan akan berada dibelakang dengan membantu menghadirkan unit transfusi darah tersebut. (*)