Walikota Hadiri Upacara HUT Satpam Ke-39 Tahun 2019

SUARACELEBES.COM, PALOPO – Walikota Palopo, Judas Amir melakukan pengguntingan Balon sebagai tanda peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) Ke-39 Tahun 2019 Kota Palopo yang dilaksanakan di Depan Mako Polres Palopo, Rabu 22 Januari 2020.

Hal tersebut dilakukan saat menghadiri Upacara HUT Satpam Ke-39 yang didampingi Wakapolres Palopo, Kompol Ade Noho yang juga selaku inspektur upacara pada kesempatan itu.

Disampaikan Inspektur dalam amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal  Idham Azis menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugas dilapangan, Satpam merupakan salah satu mitra Utama Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas.

“Oleh karena itu, setiap anggota satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan dilingkungan kerjanya”.

Lanjutnya, Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

“Dengan demikian, profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat”.

Berdasarkan uraian tersebut, bahwa tema yang diangkat dalam peringatan HUT ke-39 Satpam sangat tepat yaitu “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjamin Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

Tema tersebut juga selaras dengan kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas.

Usai upacara dilakukan pula penyerahan piagam penghargaan dari Kapolda Sulsel kepada Satpam yang berprestasi yang diserahkan oleh Walikota Palopo didampingi Wakapolres Palopo. Dan juga penyerahan sertifikat peragaan borgol dan tongkat Satpam Kota Palopo dibawah binaan Satbinmas Polres Palopo.

Pada upacara HUT ke-39 Satpam dihadiri unsur Forkopimda Kota Palopo, para pimpinan instansi pemerintah dan swasta, jajaran Kepolisian Kota Palopo, dan seluruh anggota satuan pengamanan.(*)

PEMKOT-Makassar