Direktur Akabi Kementan RI Lakukan Penanaman Perdana Porang di Sidrap

SUARACELEBES.COM, SIDRAP, — Direktur Aneka Kacang dan Umbi Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Ir Amiruddin Pohan melakukan penanaman perdana tanaman Porang di Bendoro, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, Rabu, (5/2/2020).

Amiruddin Pohan melakukan penanaman perdana di lahan perkebunan yang merupakan lahan kosong di Bendoro, sebagai pertanda dimulainya budidaya Porang di Kabupaten Sidrap.

Penanaman perdana dilakukan di lahan milik Wakil Ketua DPRD Sulsel, H Syaharuddin Alrif yang menginisiasi tanaman Porang di Sidrap.

Amiruddin Pohan didampingi Kadis Pertanian dan Tanamam Pangan Sidrap, Ir H Azis Damis, Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan dan sejumlah anggota DPRD setempat.

Direktur Aneka Kacang dan Umbi Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Ir Amiruddin Pohan mengatakan, tanaman porang sebenarnya bukan jenis tanaman pangan yang baru di Indonesia.

“Sebenarnya, tanaman Porang sudah bertahun-tahun di tanam masyarakat. Tapi, baru kali ini, pemerintah hadir untuk meningkatkan produksi karena pasar sudah jelas,” katanya.

Ia menegaskan, Porang memiliki potensi sebagai tanaman ekspor, yang sampai saat ini bahan bakunya masih sangat kurang.

Menurutnya, kran ekspor terhadap Porang terbuka lebar saat ini. “Untuk sementara, yang diekspor itu berbentuk chips dan tepung,” katanya.

Ia berharap, komoditi ini menjadi sumber ekonomi baru bagi petani. Khususnya di Sulsel. (*)

PEMKOT-Makassar