LP3DIS Desak Kejati Periksa PT Bank Sulselbar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Perbankan dan Perusahaan Daerah Indonesia Sulawesi (LP3DIS) Thareq Dwi Ch Umam mendesak Kejaksaan Tinggi Sulsel untuk memeriksa Direksi dan Komisaris PT Bank Sulselbar terkait operasional, manajemen dan penggunaan anggaran di Bank Sulselbar, termasuk proses kerjasama yang dilakukan dengan pihak ketiga.”Kejati Sulsel harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di Bank Sulselbar, guna bersih bersih di Bank ‘plat merah’ milik pemerintah. Termasuk melakukan pemeriksaan terhadap PLT Dirut dan Komisaris Independen,” tegas Thareq.

Hal ini dimaksudkan untuk melakukan ‘bersih bersih’ di bank tersebut karena ada dugaan terjadi beberapa penyimpangan keuangan dan anggaran yang digunakan tidak sesuai peruntukannya. Selain itu dana dana CSR dan dana operasional bagi Direksi serta Komisaris juga perlu dilakukan pemeriksaan guna mengetahui sejauhmana penggunaan anggaran tersebut benar benar sesuai nomenklatur anggaran.

“Jika ditemukan ada penggunaan anggaran di Bank Sulselbar tidak sesuai peruntukannya, maka Kejaksaan harus menindak tegas oknum oknum yang menyalahgunakan anggaran tersebut. Dan bila perlu ditingkatkan statusnya,” tegas Thareq.

Menurut Thareq, ada beberapa laporan dari masyarakat dan kalangan pemerhati perbankan, banyak dana dan anggaran di bank tersebut yang setiap bulan dan setiap tahunnya dipergunakan tidak sesuai peruntukannya dan menjadi ‘lahan empuk’ bagi direksi dan komisaris. Untuk membuktikan kebenaran informasi tersebut, maka Kejaksaan harus segera melakukan pemeriksaan secara intensif di Bank Sulselbar sehingga harapan Gubernur dan para pemegang saham untuk melakukan bersih bersih terhadap manajemen, direksi dan komisaris.

“Segera dilakukan bersih bersih untuk manajemen PT Bank Sulselbar, jika ditemukan indikasi penyimpangan keuangan dan anggaran,” tegas Thareq.(*)