DPRD Parepare Paripurna LKPJ Walikota Via Vicon

SUARACELEBES.COM, PAREPARE- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare memberikan 66 rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Parepare tahun anggaran 2019.

Rekomendasi ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Parepare, Senin, 27 /04/2020. Paripurna lewat fasilitas video conference (Vicon) ini diikuti Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang diwakili oleh Wakil Wali Kota, H Pangerang Rahim dan jajaran Pemkot Parepare.

Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu dan Wakil Ketua DPRD, M Rahmat Sjamsu Alam yang memimpin rapat paripurna, dan dihadiri sejumlah anggota DPRD.

Ada 66 rekomendasi LPKJ yang ditetapkan
DPRD dalam paripurna. Ketua Pansus LKPJ
H Muliadi mengatakan, pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui penilaian LKPJ Wali Kota Parepare berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

“Rekomendasi yang disampaikan merupakan hasil kajian terhadap laporan LKPJ Wali Kota di berbagai bidang pembangunan yang terjadi dalam kurun waktu Januari hingga Desember 2019,” ungkap anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Muliadi juga menyampaikan bahwa LKPJ Wali Kota 2019, termasuk capaian dan kebijakan strategis serta tindak lanjut untuk rekomendasi DPRD.

Dia mengemukakan, DPRD menetapkan sebanyak 66 rekomendasi untuk 27 SKPD agar ditindaklanjuti. “66 rekomendasi untuk 27 SKPD dapat dijalankan pemerintah daerah,” kata Mulyadi.

Wakil Ketua DPRD, Rahmat Sjamsu Alam
mengungkapkan, Pansus yang dibentuk sudah melakukan pembahasan, termasuk menerbitkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti Pemkot Parepare.

“Jadi kalau sudah ditetapkan di paripurna maka menjadi kewajiban kepala daerah untuk menindak lanjuti hasil ketetapan tersebut. Jadi program perbaikan pemerintahan sudah bisa dilaksanakan tahun depan,” kata Rahmat.

Wali Kota yang diwakili Wawali Pangerang Rahim melalui video conference mengatakan, kondisi rapat paripurna ini dipermaklumkan karena adanya wabah Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang telah membahas LKPJ ini. Sehingga apa yang direkomendasikan kepada Pemerintah Kota akan ditindaklanjuti,” kata Pangerang Rahim.

Wawali juga menyampaikan apresiasi atas saran dan masukan DPRD untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik. “Ini bentuk cerminan sinergitas DPRD dengan kepala daerah, sehingga cita-cita pembangunan diyakini berkat kebersamaan dapat kita laksanakan bersama- sama,” harap Pangerang.

Wawali juga meminta kepada SKPD untuk segera menindaklanjuti dan menjadi evaluasi tahun berikutnya. “Apabila ada yang belum optimal akan menjadi bahan evaluasi. Penetapan LKPJ Wali Kota tahun anggaran 2019 ini adalah bentuk sinergitas antara DPRD dan Pemkot Parepare,” tandas mantan legislator tujuh periode ini.(*)

PEMKOT-Makassar