Cegah Hoax Corona, Lurah Mangasa Rakor dengan RW-RT

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Memperhatikan maraknya berita hoax, Lurah Mangasa Muhammad Darwis Syar, S.SP, kembali menggelar rapat koordinasi bersama LPM, Puskesmas, Babinsa, Bhabibkantibmas, dan ketua RT RW.

Lurah Mangasa Muhammad Darwis mengungkapkan bahwa, munculnya penolakan beberapa warga terhadap Rapid Tes itu karena kurang paham duduk persoalan. Karena itu, pihaknya terus berkomunikasi dengan warganya. Terutama dengan adanya penolakan rapid test pihaknya intens melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Memang ada sedikit penolakan warga ikut rapid test. Itu yang langsung kita berikan Sosialisasi dengan melibatkan semua ketua RT RW bersama LPM sebagai ujung tombak cegah hoax di masyarakat.

Rakor kali ini merupakan rakor kedua kalinya setelah rakor pertama pada malam sebelumnya yang diselenggarakan di kediaman Ketua RW 02. Rakor dilakukan dengan tetap memperhatikan pembatasan/jaga jarak, dan menggunakan masker. Adapun Pertemuan kedua dilakukan di Aula Kantor Lurah Mangasa.

“Ketua RT RW adalah ujung tombak di masyarakat. Karena itu saya minta agar kita bersama-sama menjaga ketertiban dan ketenteraman warga. Kita harap masyarakat tidak terprovokasi,” tambah Darwis.

Darwis menyebut pihaknya terus mengantisipasi kemungkinan terjadinya kesalahan informasi. Dia menunjuk WA dari pihak kepolisian yang menemukan penyebar hoax. “Makanya malam ini, kami rapat lagi bersama RT RW,” tambah Darwis.

Beberapa hari ini, lanjut Darwis, bersama RT RW allout turun ke masyarakat, mensosialisasikan protokol kesehatan, jaga jarak, pake masker dan cuci tangan. Terutama penyebaran lokal menjadi perhatian utama.

“Kami memberikan pemahaman kepada warga terkait beberapa aturan dan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya keresahan sosial terkait dengsn virus corona,” urainya.

Di tempat yang sana Ketua LPM Mangasa H. Usman Nukma, dalam sambutannya meminta agar ketua RT RW senantiasa berinteraksi dengan warganya. Keresahan yang muncul di tengah masyarakat itu bisa diredam kalau RW RTnya berperan maksimal.

“Berita hoax tak terhitung lalu lalang di sekitar kita. Masyarakat harus terus diingatkan agar tidak muda terpancing. Di sini peran Pa RW RT untuk menjadi penjaga informasi yang benar,” komentar Usman.

Dia berharap semangat para ketua RW RT tetap terjaga di era pandemi covid agar kondisi masyarakat Mangasa tetap kondusif.

“Yang paling bagus kalau pak RW RT bisa menjadi contoh untuk tidak memposting berita berita yang tidak jelas kebenarannya,” tutur Usman yang malam itu lengkap dengan masker dan pelindung wajah.

Dia mengajak kepada tokoh masyarakat Mangasa untuk bergandengan tangan untuk tetap menjaga ketertiban masyarakat dengan mencegah berita berita hoax,” pinta Usman seraya menyampaikan ajakan untuk memasuki era new normal.

Budaya pakai masker, kata dia, harus ditanamkan agar bisa terjaga protokol kesehatan.(*)

PEMKOT-Makassar