Panen Perdana Tanaman Sorghum Di Desa Batara

SUARACELEBED.COM, PANGKEP – Desa Batara Kecamatan Labakkang di Kabupaten Pangkep mulai melaksanakan panen perdana tanaman sorgum. Meski hasilnya belum.maksimal namun menjadi penyemangat untuk pengembangan tanaman pengganti beras ini pada tahun berikutnya.

Kepala Desa Batara, Irham, mengatakan itu, Kamis (11/6) usai melaksanakan panen di salah satu lahan milik warga. Ia mengatakan jika perdana memang masih asing bagi petani, apalagi tanaman itu tidl pernah dibudidayakan. ” Tapi jika pemasarannya bagus, pasti petani akan kembangkan kedepannya,” katanya.

Begitu juga dikatakan HA.Sadda, plt Kadis Pertanian, bahwa tanaman ini sangat potensial. Apalagi Pangkep sangat cocok untuk budidaya tanaman sorghum. Khusus untuk desa Batara tahap awal terdapat percontohan seluas 2 ha, dan dikecamatan Balocci 13 ha.

” Hasilnya sangat menjanjikan. Meski awalnya masih kurang, tapi kalau dilaksanakan dengan baik sesuai aturan budidaya pasti hasilnya akan meningkat,” katanya.
Untuk normalnya hasil sekali panen 5 ton per ha, namun untuk di desa Batara, ubinannya menghasilkan 2,8 ton per hektar.

Budidaya tanaman sorghum ini, kata Andi Sadda merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Desa bersama para kepala desa yang ada di Pangkep. Rencananya tanaman sorghum akan terus dibudidayakan oleh petani setempat.

Sementara  Rachmawaty Mampawa,SP yang akrab dipanggil (Nona) sebagai Fasilitator dan Tim Inti Kementerian Desa mengatakan,  Sorghum adalah tanaman Multi Fungsi mulai dari buahnya yang bisa sebagai  Pangan Alternatif  Pengganti beras, bisa dibuat tepung, sebagai bahan Ethanol dan sebagai Pakan Ternak,” Ujarnya

Rachmawaty menambahkan, tanaman Sorghum  hanya  1 x menanam bisa 3 x panen dan  Potensi hasil bisa mencapai 15 ton / Ha yg penting perlakuan pupuknya. Kondisi Lahan yang kering sangat cocok dan tanaman ini bisa tumbuh dengan baik  seperti Lahan di Desa Batara, yang penting  ditanam tepat setelah musim hujan,” Imbuh Rachmawaty yang akrab dipanggil Nona.  (Mn)

PEMKOT-Makassar