Dorong Perempuan Jadi Peternak, Istri Suardi Saleh Keliling Bagikan Bibit Itik

SUARACELEBES.COM, BARRU- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, drg Hj Hasnah Syam MARS, berkeliling ke sejumlah desa untuk menyalurkan bantuan bibit itik ke kelompok wanita tani dan peternak.

Selama beberapa hari terakhir, istri dari Bupati Barru Suardi Saleh itu, intens menemui para ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani dan peternak. Seperti di Dusun Worongnge, Desa Lompo Tengah, Kamis (18/6/2020).

Di desa yang masuk wilayah Kecamatan Tanete Riaja itu, Hasnah Syam yang datang bersama Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad, menyerahkan secara simbolis bantuan bibit itik ke Kelompok Wanita Tani Makkawaru. Masing-masing 250 bibit itik betina, dan 25 bibit itik jantan.

Kepada warga, Hasnah Syam yang dalam waktu dekat akan kembali ke Jakarta lagi menjalankan tanggungjawabnya sebagai anggota DPR RI, mengurai jika bantuan ini bertujuan untuk mendorong kesejahteraan perempuan.

“Tentu saja harapan kita, program Dinas Pertanian ini bisa mendorong dan meningkatkan pendapatan atau perekonomian warga, terutama para ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok tani,” kata Hasnah Syam kepada kelompok tani wanita.

Menurutnya, perempuan di desa harus ikut mengambil peran. Salah satunya menjadi peternak. Apalagi, proses pengembangbiakan atau budidaya itik tidak terlalu rumit. Sehingga bila ditekuni dengan baik, berpeluang menambah dan meningkatkan pendapatan warga.

“Kita juga berterima kasih kepada Dinas Pertanian, karena telah melibatkan PKK Barru membantu masyarakat, termasuk ke para perempuan untuk mengembangbiakkan itik. Sekali lagi, ini sangat bagus demi mendorong pendapatan warga,” tambah Hasnah Syam.

Sebelumnya, Hasnah Syam yang pernah menjabat kepala Dinas Kesehatan Barru dan Direktur RSUD Pinrang, menyalurkan bantuan sama ke Kelompok Wanita Tani di Desa Pancana, serta beberapa desa lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad, secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Barru yang turut membina keberadaan kelompok wanita tani, khususnya peternak itik.

“Ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dalam menjaga ketersediaan dan ketahanan pangan. Tentu kita berharap keberhasilan peternak itik nantinya, selain meningkatkan kesehteraan masyarakat karena nilai ekonomisnya tinggi, juga kadar gizi. Mengingat telur itik mengandung protein,” pungkasnya.(*)

PEMKOT-Makassar