LEO, PSSI dan SAYA

Oleh : Akbar Faizal

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Pemilihan Ketua Umum PSSI dan 15 Exco segera berlangsung. Saya mendaftar menjadi salah satu Exco. Namun butuh dukungan dari klub atau Pengda. PSM, melalui Appi’, bos tertingginya memberiku dukungan. Tapi masih kurang. Saya telepon Leo. Dia sekretaris PSSI Sulsel. OK.

“Kami (Leo dan Erwin Hatta, Ketua PSSI Sulsel) juga sudah dipanggil Pak Hayat (Sekda Sulsel),” katanya. Clear. Hayat punya hak untuk itu sebab Pemda adalah pembina Pengda PSSI Sulsel. Mereka butuh perwakilan yang kuat di kepengurusan PSSI agar dunia bola di Sulsel mendapat perhatian.

Pemilihan berlangsung keras dan penuh intrik. Komjen Pol Mohammad -Bule- Iriawan, terpilih. Saya hanya mendapat lima suara dan saya yakin salah satunya dari Leo. Seperti biasanya, permainan uang tercium dimana-mana. Bahkan kepada saya pun mereka berani meminta. Salah satunya dari Yunus Nusi, ‘koordinator’ para penjual suara yang ditawarkan kepada mereka yang menbutuhkan dukungan. Yunus Nusi yang juga ikut mendaftar sebagai Exco dan terpilih. Sambil menyelam orang ini dan kelompoknya juga telan air seember. Saya buka semua perilaku mereka ini di Channel TV CNN Indonesia berikut bukti-buktinya. Bajingan. Sejak awal Leo mengingatkan saya soal itu. Hati-hatiki bos, katanya.

Leo –lengkapnya, Nur Zakaria Leo– kakak kelasku di IKIP. Beda jurusan. Tapi Leo dikenal supel, lucu dan kadang bikin panai’ cera’. Wajahnya yang tanpa dosa dipertunjukkannya bahkan saat sedang mengerjai kita tanpa sadar. Dan, dunianya melayang saat memegang microphone. Penyanyi KW-3.

Malam ini, mendapat informasi Leo meninggal dunia. Kuat dugaan karena serangan Covid-19. Tak perlu menyembunyikannya. Covid-19 hanya satu cara yang disiapkan Allah bagi hambanya untuk menghadap kepadaNYA. Dimakamkan di Macanda, Gowa.

Leo, kukirimkan segala doa untukmu sebab engkau layak dan harus kami doakan. Kami tak perlu malu menangisimu sebab kamu terlalu baik bagi banyak orang. Aku yakin kamu pernah menyanyikan lagu Ebiet G.Ade ini sahabatku;
………..
Kematian hanyalah tidur panjang
Maka mimpi indahlah engkau Leo
……

Akbar Faizal
Jakarta, 18 Juni 2020

PEMKOT-Makassar