Diwacanakan Maju di Makassar, Fatmawati Rusdi: Kalau Penugasan Partai, Saya Siap

SUARACELEBES.COK, MAKASSAR- Wakil Bendahara DPP Partai Nasdem, Hj Fatmawati Rusdi akhirnya menanggapi dorongan pencalonan dirinya di Pilwali Makassar 9 Desember 2020 mendatang.

Istri dari Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) itu, menyatakan tidak keberatan jika memang ia ditugaskan oleh partainya untuk maju bertarung di Kota Makassar,

“Kalau penugasan partai, sebagai kader saya tidak mungkin menolak. Saya petarung, dan selalu siap,” kata mantan Anggota DPR RI saat dikonfirmasi, Jumat (19/06/2020).

Hanya saja, lanjut dia, sebelum memutuskan maju atau tidak di Makasssar, harus ada pertimbangan matang. Termasuk melihat pemetaan dan potensi keterpilihan di hasil survei profesional.

“Tetap ada pertimbangan yang matang. Chance-nya seperti apa figur perempuan untuk Kota Makassar. Sambil melihat juga peta kompetisi (dinamika) yang ada,” jelasnya.

Olehnya itu, Fatmawati yang berlatarbelakang sebagai pengusaha, masih akan melihat dinamika jelang tahapan pendaftaran sebelum memutuskan apakah akan maju atau tidak. Apalagi sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari partainya.

Sekadar diketahui, Titi, sapaan akrab Fatmawati Rusdi, termasuk figur perempuan di Sulsel yang tak asing dengan politik. Ia berulangkali memilih maju bertarung. Mulai Pemilu 2014 terpilih sebagai anggota DPR RI di Dapil III Sulsel melalui PPP.

Setelah itu di Pilkada Sidrap 2018, bertarung menjadi kandidat bupati. Meski perolehan suaranya di posisi kedua, namun karier politiknya tak lantas ikut redup. Bahkan, menerima tantangan maju di Pemilu 2019 sebagai caleg DPR RI dari Nasdem di Dapil Jakarta.

Di Jakarta, meski tak berhasil terpilih, akan tetapi mampu mengumpulkan dukungan yang signifikan. Ia menempati posisi kedua di internal partainya, sekaligus berkonstribusi meloloskan satu kader Nasdem. Padahal, di Jakarta Utara ia masih tergolong asing di kontestasi politik.

Kemampuan dan kepiawaian Fatmawati Rusdi menjadi perhatian tersendiri di DPP Nasdem. Terbukti hasil kongres partai ini yang memutuskan memilih kembali secara aklamasi Surya Paloh sebagai ketua umum, Fatmawati dijadikan wakil bendahara DPP Nasdem.

Padahal, Rusdi Masse yang tak lain suami Fatmawati, juga dipercaya sebagai ketua OKK DPP Nasdem. Namun karena kemampuan yang dimiliki Fatmawati, Surya Paloh tetap bersikukuh menjadikannya pengurus harian.(*)

PEMKOT-Makassar