NasDem Beri Kode Usung Danny Pomanto-Fatmawati

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Partai Nasdem Sulawesi Selatan menyambut positif mengenai wacana pencalonan Hj Fatmawati Rusdi di Pilwali Makassar, 9 Desember 2020 mendatang.

Partai pemenang Pemilu 2019 di Kota Makassar ini, sedang mempertimbangkan mengenai kemungkinan menduetkan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto dengan Fatmawati. Pasalnya, keduanya dinilai bisa saling melengkapi.

“Peluang ke situ (duet Danny Pomanto-Fatmawati) sangat terbuka. Kita sedang mempertimbangkannya, sambil melihat sejauh mana potensi keterpilihannya melalui hasil survei,” kata Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syahruddin Alrif, saat ditanya wacana duet DP-Fatmawati, Senin (22/06/2020).

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menambahkan, partainya memang sudah memberikan surat tugas usungan ke Danny Pomanto. Hanya saja sejauh ini, belum diputuskan siapa yang bakal dijadikan wakil. Karena itu, kemunculan Fatmawati Rusdi bisa menjadi salah satu opsi atau pilihan.

“Kita tak mau asal-asalan mendorong pasangan yang kita usung di setiap Pilkada, termasuk Makassar. Makanya, kita berusaha mengusung yang terbaik dengan beberapa variabel dalam menentukan dan menilainya,” tambah Syahar, sapaan akrabnya.

Pihaknya tak menampik jika sebagian pengurus dan kader partainya menginginkan duet Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi. Alasannya, selain bisa saling melengkapi, juga pertimbangan keduanya punya pengalaman dan kapasitas mumpuni.

“Kalau memang dianggap cocok, dan sama-sama tidak keberatan maju berpasangan, kenapa tidak. Cuma itu tadi, kita tidak asal mengusung begitu saja. Ada pertimbangan dan variabel yang kita jadikan dasar. Kita kan mau menang,” terangnya.

Sekadar diketahui, sejauh ini Danny Pomanto yang tak lain mantan walikota Makassar belum memutuskan siapa yang dijadikan pasangan untuk maju di periode keduanya. Meski demikian, beberapa nama sering dikaitkan layak menjadi pendamping.

Selain nama Fatmawati Rusdi yang baru diwacanakan selama sepekan terakhir, juga ada nama lain. Seperti putra Ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin Halid, Andi Sunnun, politisi PDIP Andi Yagkin Padjalangi, maupun Irman Yasin Limpo.

Khusus nama terakhir, peluangnya dikabarkan meredup. Sebab baik Danny maupun None, sapaan akrab Irman Yasin Limpo, sama-sama ngotot maju di posisi kandidat walikota. Ditambah lagi, keduanya sudah mengantongi surat tugas dari partai berbeda di posisi 01.

Danny sejak beberapa bulan mendapat surat tugas Nasdem. Sedangkan None yang tak lain adik kandung mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, juga sudah mendapatkan surat tugas dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebelumnya, Fatmawati Rusdi mengaku siap maju di Pilwali Makassar bila memang mendapat penugasan dari partainya. Ia tak mempermasalahkan posisi 01 maupun 02, sepanjang itu yang terbaik menurut kajian partainya dan bacaan hasil survei.(*)

PEMKOT-Makassar