Respon Taufan Pawe Berhasil Jadikan Destinasi Wisata Budaya Nominasi API 2020

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare berhasil menjadikan destinasi wisata dan budaya Parepare masuk sebagai nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.

Ajang tahunan nasional ini diselenggarakan oleh Konsultan Pariwisata ‘Ayo Jalan-jalan’ bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengaku bangga atas capaian ini. Menurutnya, hal ini menjadi bukti pengakuan secara nasional terhadap potensi wisata dan budaya yang ada di Parepare.

“Parepare bukan lagi kota transit tapi kota tujuan. Masuknya nominasi wisata dan budaya kita menjadi bukti bahwa kota Parepare diperhitungkan dalam hal kearifan budaya serta pariwisatanya di tingkat nasional,” ujar Wali kota melalui rilis, Jumat ,(3/7/2020).

Secara teknis, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare, Amarun Agung Hamka menguraikan, kategori wisata dan budaya Parepare yang berhasil masuk nominasi API 2020.

Ia mengemukakan, Parepare meraih dua kategori, yakni wisata dan budaya. Pada kategori wisata yaitu wisata air Susur Sungai Salo Karajae, dan kategori budaya kita ada Mappadendang.

Mappadendang itu adalah budaya masyarakat Bugis setiap musim panen sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen padinya. Sudah menjadi tradisi dan dilestarikan sampai sekarang.

Hamka menjelaskan, keikutsertaan kota Parepare dalam Anugerah Pesona Indonesia tahun ini merupakan sebuah kebanggaan.

Namun ia masih harus mempersiapkan segala pendukung untuk mengikuti tahapan berikutnya di dalam penyelenggaraan itu.

“Kita masuk nominasi. Selanjutnya kita akan persiapkan semua pendukung untuk lolos ke tahapan berikutnya,” ujar Hamka.(*)

PEMKOT-Makassar