Bimbing Warga Binaan Bercocok Tanam, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Berikan Bantuan Benih Jagung  Lapas Tolitoli

SUARACELEBES.COM, TOLI-TOLI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, mendapat dukungan dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab Tolitoli, dalam bercocok tanam kepada para warga binaan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Tolitoli Rustan Rewa memberikan bantuan benih jagung yang akan digunakan untuk bercocok tanam bagi warga binaan. Bantuan tersebut diterima langsung kepala Lapas kelas IIB Tolitoli, Gamal Bardi, Kamis (09/07/2020).

Pembinaan bercocok tanam bagi warga binaan merupakam program dari kememterian Hukum dan HAM. Kepala Dinas Pertanian Tolitoli Rustan mengatakan apa yang telah di programkan Lapas Toliloli wajib disupport untuk pembinaan warga binaanya dalam mewudkan swasembada pangan di Tolitoli.

“Jadi warga binaan tidak hanya di dalam mendapatkan pembinaan, tapi saat keluar juga kita bimbing bagaimana dia lebih bagus dalam bercocok tanam, agar mereka lebih produktif. Karena sesorang kalau tidak bisa terpenuhi keinginannya cenderum mereka berbuat negatif, untuk itu mereka dibimbing diberi ketarampilan bercocok taman agar produktif,” jelas Rustan Rewa.

Sementara kepala Lapas kelas IIB Tolitoli, Gamal Bardi, mengatakan salah satu resolusi hak asasi manusia dalam membina warga binaan yakni melakukam pengembangan budidaya tanaman pangan utama yang sedang menjalani asimilasi.

“Jadi setelah kembali kemasyarakat warga binaan nantinya kembali produktif, bisa bermanfaat baik bagi diri pribadi maupun keluarga maupun masyarakat secara umum,” ucap Gamal Bardi.

Untuk mewujudkan kabupaten Tolitoli sebagai sentra penghasil jagung di Sulawesi Tengah pada tahun ini, ditargetkan luas tanam 1500 hektar yang tersebar di enam Kecamatan dengan benih yang bermutu dan bersertifikat dari kementerian pertanian. Selain itu untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura menyerahkan bantuan Elsintan.

“Kami di Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulura terus mendorong kabupaten toli2 menjadi sentra produksi tanaman pangan dan holtikultura termasuk di dalamnya peningkatan produksi tanaman jagung, selain mendorong petani memanfaatkan lahan yang ada juga membangun kerjasama dengan instansi TNI POLRI termasuk lembaga permasyarakatan yang ada di Kabupaten Tolitoli,” tutup Rustan.(*)

PEMKOT-Makassar