Jaga Produksi Pangan di Tengah Covid-19, Kadis TPH Tolitoli Lakukan Penanaman Jagung di Desa Dungigis

SUARACELEBES.COM, TOLITOLI – Di masa pandemi Covid-19, Pemerintah kabupaten Tolitoli mendorong peningkatan produksi jagung untuk kebutuhan pangan. Kepala  Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa untuk mempercepat produksi tanam jagung
mengisi hari liburnya secara swadaya dengan Babinsa Serda TNI, Abd Jalil, Kepala BPP Dungigis Darwin SP, Ketua Kelompok Batupuse melakukan penanaman Jagung, di Desa Dungigis Kec Dakopamean, Sabtu (11/07/2020).

Rustan Rewa mengatakan, penanaman jagung  tersebut untuk mendorong produksi pangan. Meski masih pandemi, produksi pangan tetap harus dijaga.

“Soal pangan ini harus tetap dijaga. Kami semua mendukung agar kegiatan pertanian tetap berjalan,” ucap Rustan Rewa, usai menghadiri acara pencanangan gerakan percepatan olah tanah dan tanam di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Rabu (3/6/2020).

Lahan seluas 25 Hektar yang ditanami ini baru melakukan panen. ” kami ada program, kami arahkan dengan istilah panen olah tanam, langsung taman lagi, kelompok ini merupakan swadaya seluas 25 Ha,” jelas Rustan.

Untuk mewujudkan kabupaten Tolitoli sebagai sentra penghasil jagung di Sulawesi Tengah pada tahun ini, ditargetkan luas tanam 1500 hektar yang tersebar di enam Kecamatan dengan benih yang bermutu dan bersertifikat dari kementerian pertanian. Selain mendorong petani memanfaatkan lahan yang ada juga membangun kerjasama dengan instansi TNI dan POLRI.(*)

PEMKOT-Makassar