Sosper Perda Air Susu Eksklusif, Debbie Rusdin Sampaikan Program Stunting Presiden Jokowi

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel, dari Fraksi Golkar, Debbie Purnama Rusdin, melakukan sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan No 6 Tahun 2010, Tentang Air Susu Eksklusif kepada warga Kecamatan Rappoccini, berlangsung di Hotel Four Point, Sharaton,  Sabtu (11/07/2020).

Sosialisasi ini tetap menjalankan standar protokol kesehatan yakni pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan warga yang masuk dalam ruangan dilakulan pengukuran suhu tubuh. Sosper tersebut juga mendapat pengawalan dari aparat kepolisian Jajaran Polrestabes Makassar.

Pada kesempatan itu Debbie Rusdin menekankan pentingnya ruang Laktasi atau ruang menyusui di Tempat tempat umum.

“Ibu ibu yang hadir disini kita punya Hak untuk menyampaikan terkait Perda Air Susu Eksklusif jika ada tempat umum seperti Mall, Wahana olahraga  dan wahana bermain bagi anak anak, tak menyediakan ruang Laktasi. Itu sudah jelas diatur dalam perda,” jelasnya anggota Komisi E DPRD Sulsel itu.

Lanjut Debbie Rusdin juga menyampaikan kepada Emak emak yang hadir,  bahwa setiap bayi yang lahir berhak mendapatkan Asi Eksklusif sejak dilahirkan selama enam bulan, sebagaimana diatur dalam perda tersebut. Debbie Rusdin juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bagian dari program presiden Jokowi yakni Gerakan Nasional Pencegahan Stunting atau kurang gizi kronik.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah dua tahun yang disebabkan kurang gizi kronis dan terjadi sejak ibu mulai mengandung sampai dengan anak usia 2 tahun. Akibat stunting, otak dan fisik anak sulit berkembang, serta mempengaruhi kognitif, produktivitas, dan tingkat kesehatan lebih rendah.

“Gizi anak harus di Jaga. Jadi orang tuanya harus aktif memberikan pola asuh terbaik. Kegagalan sejak dini, adalah kegagalan bagi dirinya dan masa depanya,”ujarnya Debbie Rusdin

Dokter,  Fenty Nisa Nur Amalia yang turut hadir sebagai pembicara mendapat banyak pertanyaan dari Emak emak yang hadir tentang manfaat Asi Eksklusif.

“Yang namanya Asi Eksklusif itu, bayi hanya mengkomsumsi air susu ibu selama enam bulan, tanpa  susu formula,’ ucap Dokter,  Fenty Nisa Nur Amalia.

Menurut Dokter,  Fenty Nisa Nur Amalia Asi sangat aman dan baik untuk sistem pencernaan dan perkembangan otak anak dan anti body lebih baik.

“Kenapa Asi Eksklusif juga penting untuk bayi,  karena sistem pencernaan belum aman, sehingga yang cocok untuk bayi itu hanya pemberian asi eksklusif,” Jelas Dokter,  Fenty Nisa Nur.(*)

PEMKOT-Makassar