Mantan Rektor Unhas dan Wira Luthfi Kunjungi Lokasi Banjir Masamba

SUARACELEBES.COM, LUTRA – Mantan rektor Unhas Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp. BO dan istri Dr Shanty A. Beso yang juga ketua IIDI (Ikatan Isteri Dokter Infonesia) Sulsel. Dalam kunjungan peduli bencana banjir bandang Masamba Luwu Utara, Prof. Idrus membawa serta Tim Kesehatan Unhas dr. Andi Praja Wira Luthfi, Sp.Ot yg juga adalah putra Opu LAM sapaan Luthfi Mutty mantan Bupati Luwu Utara yang saat ini merupakan salah satu anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi Sulsel.

Di hadapan para pengungsi, Prof. Idrus mengingatkan bahwa dalam situasi dan kondisi saat ini virus corona sangat perlu diwaspadai. Apa lagi banyak orang dari luar yang lalu lalang membawa bantuan.”Kita tidak tahu apakah mereka itu carrier atau tidak. Maka protokol kesehatan harus terus dilaksanakan. Pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan,” tegas Prof Idrus.

Bantuan tersebut diterima oleh Plt. Kades Meli Asmadi Jamin mewakili warga.

Lebih jauh dijelaskan Prof Idrus, masalah yang dihadapi saat ini adalah ketersediaan air yang terbatas. “Hal ini harus menjadi perhatikan serius oleh pemerintah, khususnya pemerintah setempat,” ucap Mantan Rektor UNHAS itu.

Sementara itu, Ketua IIDI Sulsel Shanty A. Beso mengkhawatirkan munculnya penyakit karena sampah yang dibuang sembarangan. Dia berharap para relawan tidak hanya fokus pada pemberian bantuan, akan tetapi juga perlu mengedukasi para pengungsi agar menyediakan lubang tempat pembuangan sampah.

Luthfi A. Mutty selaku aggotaa TGUPP bersama Wabup Luwu Utara Tahar Rum, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Prof. Idrus Paturusi bersama tim kesehatan Unhas.

Diakhir kunjungannya, Prof. Idrus menyerahkan bantuan bahan makanan dan obat-obatan, khususnya minyak kayu putih. Menurut Prof. Idrus, minyak kayu putih penting utk menangkal virus corona. “Saya punya pengalaman karena pernah dinyatakan positif corona,” tutupnya.(*)

PEMKOT-Makassar