Dokter Fadli: ASI Ekslusif Pengaruhi Kualitas Generasi Penerus Bangsa

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dokter Fadli Ananda diundang menjadi narasumber dalam sosialiasi Perda Nomor 6 Tahun 2010 tentang Air Susu Ibu (ASI) ekslusif di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Rabu (29/7/2020). Pemilik RSIA Ananda itu secara gamblang memaparkan manfaat manfaat ASI ekslusif, baik bagi ibu maupun anak.

Dokter Fadli menyampaikan pemberian ASI ekslusif sangat penting karena menyangkut generasi penerus bangsa. ASI ekslusif minimal enam bulan akan membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas. Toh, ASI mengandung beragam nutrisi untuk penting untuk tumbuh kembang bayi.

“ASI bisa memenuhi nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang bayi, seperti vitamin, protein dan lemak. Olehnya itu, pemberian ASI ekslusif akan sangat mempengaruhi kualitas generasi penerus bangsa,” ucap Dokter Fadli pada acara sosialisasi yang digelar legislator Sulsel, Andi Ansyari Mangkona.

Dokter Fadli mengimbau masyarakat, khususnya para ibu memberikan ASI ekslusif untuk sang bayi. Musababnya, ASI ini akan membuat tulang bayi menjadi lebih kuat, mencerdaskan bayi, mengurangi risiko sindrom kematian mendadak dan berat badan si kecil lebih seimbang.

Ada kandungan ASI yang tidak akan didapatkan dari susu pabrik atau kemasan. Namanya kolestrum.

“Bukan hanya bermanfaat untuk bayi, tapi juga bagi ibu hamil. Di antaranya yakni membantu menurunkan berat badan pasca-kehamilan, membangun keintiman dengan si kecil dan menyusui itu bisa menjadi KB alami,” paparnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PDIP, Andi Ansyari Mangkona, pada kesempatan tersebut juga memperkenalkan Dokter Fadli sebagai Bakal Calon Wali Kota Makassar. Meski begitu, ia menyebut pihaknya mengundang Dokter Fadli juga karena kapasitas keilmuannya.

“Beliau ini orang yang paling tepat untuk mensosialisikan Perda ASI Ekslusif karena latar belakangnya sebagai dokter spesialis kandungan. Nah, sekalian juga kita perkenalkan Dokter Fadli ini adalah Bakal Calon Wakil Wali Kota Makassar,” ucapnya.

Ia yakin dan percaya bila Dokter Fadli bersama Syamsu Rizal alias Deng Ical terpilih, maka aspek kesehatan Makassar akan jauh lebih baik. Hal itu tidak lepas lantaran Dokter Fadli sangat paham perihal masalah kesehatan yang merupakan sektor strategis di tengah masyarakat.(*)

PEMKOT-Makassar