Warga Tallo Sapa Fatmawati Rusdi “Ibu Wawali”

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Rangkaian blusukan bakal calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, pada Rabu (5/8/2020), berakhir di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Tepatnya di Kompleks Perumahan Perhubungan Laut.

Di lokasi, Fatmawati menemui tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda. Dalam pertemuan yang dikemas sederhana ini, Fatmawati yang juga mantan Anggota DPR RI banyak bertukar pikiran terkait kondisi masyarakat setempat.

Ibu Titi–sapaan akrab Fatmawati–mengatakan bahwa tujuannya blusukan tidak lain adalah untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan masyarakat. Selain itu, tentu untuk bersilaturahmi dan “mappatabe” alias meminta restu untuk maju bertarung pada Pilwalkot Makassar 2020. Mappatabe adalah tradisi yang ditonjolkan Fatmawati sebagai figur perempuan Bugis-Makassar pada hari pertama blusukan.

“Sebagai Bugis-Makassar saya memohon doa dan dukungannya. Karena berangkat dari restu melahirkan kebersamaan dan itu menghadirkan kekuatan besar,” kata Fatmawati.

Sultan, tokoh masyarakat setempat, menyambut baik kedatangan Fatmawati. Bahkan, dalam satu momen, lelaki bersongkok hitam ini bukan lagi memanggil Fatmawati sebagai bakal calon, melainkan sebagai Wakil Wali Kota Makassar.

“Yang saya hormati Ibu Wawali,” ucap Sultan yang langsung disambut riuh tokoh masyarakat lainnya. “Mudah-mudahan keinginan kita bisa terwujud memenangkan Pilwalkot Makassar 2020,” tambahnya.

Rostina, tokoh masyarakat setempat yang juga Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kelurahan Tallo, berharap kehadiran Fatmawati di pemerintahan Kota Makassar kelak bisa membawa perubahan positif.

“Alhamdulillah bisa bertatap wajah langsung. Insyaallah akan menjadi Wakil Wali Kota Makassar. Semoga Ibu bisa memihak kaum hawa, khususnya untuk ibu-ibu majelis taklim di sini yang masih banyak kekurangan dalam pembinaan. Mudah-mudahan kalau ibu terpilih bisa membenahi itu,” kata Rostina.

Mendengar hal itu, Fatmawati mengungkapkan bahwa selama 10 tahun menjadi Ketua TP PKK Sidrap, sepanjang waktu itu pula membina majelis taklim. Bahkan saat dirinya duduk di parlemen pusat, program Melek Aksara Al-Qur’an dijalankan di beberapa daerah.

“Kita memahami bersama, ketika perempuannya baik, generasi yang akan datang menjadi beriman dan bertakwa. Berguna untuk bangsa,” kata Fatmawati.

Fatmawati maraton blusukan melakukan tatap muka dengan masyarakat pada Rabu (5/8/2020). Sebelum ke Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, lebih dahulu di Kelurahan Baraya, Kecamatan Bontoala dan Kelurahan Bunga Eja Beru, Kecamatan Tallo. (*)

PEMKOT-Makassar