Patut Dicontoh, Fatmawati Hentikan Sosialisasi saat Azan Berkumandang

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Banyak kesan positif yang dipetik dari sosok Fatmawati Rusdi ketika blusukan pertama menyapa warga, Rabu (5/8/2020). Bakal calon wakil wali kota pasangan Danny Pomanto ini mengendepankan mappatabe’, asli sombere’, juga religius.

Fatmawati, yang merupakan figur perempuan Bugis-Makassar, memulai tatap muka warga di Jalan Kandea, Kelurahan Baraya, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, sekitar pukul 14.30 Wita.

Selain berinteraksi dengan warga, Fatmawati sekaligus “mappatabe” alias meminta restu langsung kepada warga untuk maju pada Pilwalkot Makassar 2020. Di lokasi, ada penyerahan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Setelah itu, mantan Anggota DPR RI ini melanjutkan blusukan menyusuri lorong-lorong dengan berjalan kaki menuju Kelurahan Bontoala, Kecamatan Bontoala. Sasarannya adalah menemui kader posyandu setempat.

Saat tiba di lokasi, lantunan selawat sudah terdengar dari pengeras suara masjid. Pertanda bahwa sebentar lagi akan masuk waktu salat Asar. Sesaat kemudian terdengar suara azan. Saat itu pula, Fatmawati memberikan isyarat tangan untuk berhenti berbicara dan mendengarkan azan. Seluruh aktivitas dihentikan sementara.

Interaksi dengan masyarakat baru berlanjut beberapa saat kemudian. Fatmawati, yang juga Wakil Bendahara Umum DPP Partai NasDem, menyempatkan berbincang langsung dengan warga, tanpa sekat.

“Kalau saya lihat Ibu Fatmawati sangat pas memang jadi pemimpin. Sombere’ sekali, merakyat seperti tidak ada sekat dengan rakyat,” ucap Munafri, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan ini pula, Fatmawati yang didampingi Ketua DPD Partai NasDem, Andi Rachmatika Dewi, serta legislator dari NasDem dan Gerindra, menyerahkan bantuan kepada posyandu setempat.

Fatmawati lalu mengajak seluruh rombongan untuk menunaikan salat Azar di masjid terdekat. Di perjalanan menuju masjid, Fatmawati mengingatkan kepada setiap warga yang ditemui agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Pakai ki master ta di,” ucap Fatmawati sembari membagi-bagikan masker kepada warga. Blusukan ini, walau dipadati warga, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yakni menggunakan masker dan jaga jarak. (*)

PEMKOT-Makassar