Wakili Perempuan, Emak-emak Kelurahan Bitowa Mantap Dukung Fatmawati

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Amanah dan harapan warga, terutama emak-emak ke Fatmawati Rusdi makin nyata jelang pendaftaran dan tahapan kampanye Pilwakot Makassar 2020.

Satu-satunya perempuan yang maju bertarung di Pilwakot, menjadi salah satu alasan kenapa ibu-ibu dan komunitas perempuan menaruh harapan tinggi ke pasangan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto ini.

Ditambah lagi, Fatmawati merupakan figur yang sarat dengan pengalaman dari bawah hingga level nasional. Mulai dari ketua Tim Penggerak PKK, Pembina Majelis Taklim, satu periode menjadi anggota DPR RI, dan sejak dulu terjun sebagai pengusaha nasional. Belum lagi sepak terjangnya selama ini tentang pemberdayaan perempuan dan anak.

Alasan dan dasar itu semua, menjadikan Fatmawati tak sulit mendapat tempat di hati emak-emak di Makassar. Mereka seakan rindu jika sudah waktunya ada sosok perempuan memimpin Makassar bersama Danny Pomanto .

Harapan perempuan dan emak-emak, kembali nampak saat Fatmawati Rusdi, melanjutkan agenda silaturahmi dan mappatabe’ jelang tahapan pendaftaran di KPU Makassar pada September mendatang. Kandidat wakil walikota ini, menyambangi Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Kamis (20/8/2020).

Bu Titi, sapaan akrab Fatmawati, yang datang ditemani kader Partai NasDem dan Gerindra mendapat sambutan meriah dari warga setempat. Fatmawati yang berjalan kaki menuju lokasi acara disambut yel-yel “ADAMA… ADAMA… ADAMA…”.

Fatmawati menjawab dengan senyum dan “salam pandemi” serta membagi-bagikan masker kepada setiap warga yang ditemui, sambil menyempatkan berbincang santai penuh keakraban.

Di lokasi, warga setempat yang datang dari berbagai elemen, mulai tokoh masyarakat, tokoh pemuda, maupun tokoh perempuan atau emak-emak mengaku bahagia berjumpa langsung Fatmawati. Mereka mengaku sudah mantap memilih Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi pada Desember mendatang.

“Dari tadi ma tunggu ki Bu Fatma. Cantik tawwa, murah senyum juga. Saya ini mi pilihanku. Cocok mi Danny-Fatma,” ucap Asna, salah seorang emak-emak.

Dukungan lainnya dari Marnia, emak-emak di Kelurahan Bitowa, yang juga mengaku sangat antusias atas kehadiran Fatmawati sebagai sosok perempuan yang kini menjadi kandidat wakil wali kota. Menurutnya, kehadiran perempuan akan membuat aspirasi kaum perempuan bisa tertampung dengan baik.

“Kalau ada perempuan, pasti mi kita pilih perempuan. Cuma perempuan yang bisa mengerti perempuan. Kita butuh Danny-Fatma,” serunya.(*)

PEMKOT-Makassar