Cegah Covid19, Aliyah Mustika Ilham Serahkan Alat Cuci Tangan dan Thermogun

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama kementrian kesehatan RI selaku mitra Komisi IX menyerahkan 2 unit Alat Cuci Tangan dan juga Thermogun bagi masyarakat kecamatan Biringkanayya.

Bantuan diserahkan saat digelar sosialisasi Protokol Kesehatan dalam Pencegahan Covid-19, di Lapangan Utama Mangga Tiga Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar, Selasa (25/8/2020).

Bantuan tersebut diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin, untuk difungsikan di kantor Kelurahan Paccerakkang, serta salah satu Pusat Pelayanan Terpadu (Pustu) yang ada di kelurahan Paccerakkang.

Dalam kesempatan tersebut, kementrian kesehatan juga membagikan paket makanan tambahan bagi seluruh peserta sosialisasi, sebagai tambahan asupan gizi dalam masa pandemi.

Aliyah Mustika Ilham, dihadapan peserta sosialisasi mengingatkan agar masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari, dan tidak hanya mengandalkan vaksin jika nantinya telah tersedia.

“Meski nantinya telah ada vaksin, namun janganlah sepenuhnya mengandalkan vaksin, tetap terapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, rajin cuci tangan, serta pola hidup sehat lainnya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Kapasitas Pekerja Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, dr Pramutia Haryati Harirama, yang mengingatkan tentang cara mencuci tangan yang tepat.

“Bukan hanya sebatas dicuci, tetapi gunakan air yang mengalir, menggunakan sabun, serta dicuci minimal 60 detik. Jika tidak menemukan air, dapat memanfaatkan hand sanitizer,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan Prov Sulsel, Kasri, SKM, M.Kes, yang menyerukan hal yang sama, terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Demikian pula diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin, yang meminta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Dalam sosialisasi tersebut pula, peserta diajak berolahraga bersama dengan senam peregangan. Berolahraga menjadi salah satu hal yang sebaiknya rutin dilakukan sebagai upaya pencegahan Covid19. (*)

PEMKOT-Makassar