Program Strategis Danny-Fatma: Insentif Ketua RT/RW Naik Dua Kali Lipat

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – M Ramdhan Pomanto alias Danny berkomitmen tetap fokus pada kesejahteraan ketua Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) bila diamanahkan kembali memimpin Kota Makassar periode 2021-2026. Bersama Fatmawati Rusdi, duet berakronim ADAMA’ ini akan menaikkan insentif ketua RT/RW.

Komitmen itu sudah tertuang dalam program strategis Danny-Fatma tentang revolusi SDM dan percepatan reformasi birokrasi menuju SDM kota yang unggul dengan pelayanan publik kelas dunia bersih dari indikasi korupsi.

Danny Pomanto mengatakan, kesejahteraan RT/RW seperti terlupakan setelah dirinya tidak lagi menjabat wali kota Makassar. Padahal, Ketua RT/RW adalah ujung tombak terdepan, sekaligus perpanjangan tangan dari pemerintah.

“Insentif RT/RW Rp1 juta, fasilitas telepon, dan pulsanya serta langganan koran sebagai ‘update pengembangan wawasan’ sekarang tidak pernah terdengar lagi,” ucap Danny Pomanto baru-baru ini.

Bagi Danny, peran RT dan RW di tiap kelurahan sangat penting dalam percepatan sebuah program pemerintah maupun pembangunan. Sebab, RT dan RW yang paling mengenal wilayahnya di tingkat bawah. Perannya dapat dimaksimalkan sepanjang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, Danny Pomanto bersama Fatmawati pun telah menyiapkan terobosan khusus untuk RT/RW bila diberikan amanah memimpin Kota Makassar. Insentif Rp1 juta saat dirinya menjabat Wali Kota Makassar pada periode lalu, akan naik dua kali lipat.

“Menuju insentif kinerja RT/RW Rp2 juta dan penguatan fungsi RT/RW dan penasihat wali kota,” ungkap Danny Pomanto.

Salah seorang Ketua RT mengungkapkan, Danny Pomanto saat menjabat Wali Kota Makassar benar-benar memberikan perhatian kepada RT/RW.

“Awal-awal Pak Danny menjabat itu insentif langsung naik jadi Rp750 ribu. Naik dari Pak IAS (Ilham Arief Sirajuddin) Rp250 ribu. Sudah itu Pak Danny naikkan lagi jadi Rp1 juta,” katanya.

Dia mengaku amat senang mendengar salah program dalam visi misi Danny-Fatma adalah peningkatan insentif RT/RW. “Senang sekali kalau dikasih naik lagi. Supaya kerjanya lebih bagus lagi. Semoga terealisasi,” ucapnya. (*)

PEMKOT-Makassar