Upaya Lestarikan Situs Sejarah Benteng Somba Opu, Prof Rudy Bertemu Andi Kumala Karaeng Idjo

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Benteng Somba Opu yang terletak di sebelah selatan pesisir Kota Makassar, merupakan salah satu situs sejarah yang patut dipertahankan keberadaannya.

Sebagai salah satu langkah dalam upaya pelestarian situs sejarah tersebut, Sombayya Ri Gowa, Andi Kumala Karaeng Idjo melakukan pertemuan dengan Pj Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin, di rumah jabatan Walikota Makassar, Kamis (10/09/2020).

Menurut Prof Rudy, sejumlah upaya sedang dilakukan untuk merevitalisasi cagar budaya di Kota Makassar, termasuk supporting yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel.

“Revitalisasi Benteng Somba Opu memang sedang diupayakan, khususnya supporting dari Pemprov Sulsel. Hanya saja, sejumlah kendala masih coba dicarikan solusi, termasuk adanya sekelompok warga yang masih tinggal dan bermukim di area benteng” ujar Prof Rudy.

Sementara itu, Andi Kumala Karaeng Idjo berharap upaya pengembalian fungsi benteng Somba Opu sebagai situs sejarah Sulawesi Selatan bisa terealisasi dsn menjadi referensi generasi mendatang dalam mengenal sejarah leluhurnya.

“Situs ini kebanggaan kita semua, tentu perlu dimaksimalkan agar bisa menjadi salah satu ikon menarik untuk wisatawan mancanegara maupun domestik,” tuturnya.

Selain benteng somba opu, menurut Andi Kumala Karaeng Idjo, situs sejarah lainnya yang patut mendapat perhatian yakni kerajaan Tallo, karena sejak dahulu Kerajaan Gowa Tallo tak terpisahkan. (*)

PEMKOT-Makassar