Pramusrembang, Warga Mangasa Usulkan Program Prioritas

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Lurah Mangasa Muhamad Darwis Syar didampingi Ketua LPM H.Usman Nukma dan Binmas Irwan menghadiri acara Pramusrenbang dan Rembug Warga di Aula Kantor Lurah Mangasa, Jumat, 19/12/19.

Lurah Muh Darwis menyampaikan tentang pramusrembang sebagai kegiatan yang dipersiapkan untuk menyusun program pembangunan khusus tahun 2021.

Menurut Darwis, Pramusrenbang ini adalah forum dialogis antara pemerintah dengan pemangku kepentingan dari suatu isu/persoalan, kebijakan, peraturan, atau program pembangunan yang sedang dibicarakan. .

Tanpa menutup mata terhadap hasil-hasil pembangunan yang sudah berjalan, Darwis mengakui masih banyak yang belum tersentuh terutama untuk pembangunan infrastruktur. Karena itu, kata Darwis, kita harus terus membuat usulan program untuk dianggarkan di tahun 2021 nendatang.

Ketua LPM Drs H. Usman Nukma yang bertindak sebagai moderator menjelaskan pra musrenbang kelurahan ini melibatkan pemerintah kelurahan dan warga (RTRW) untuk berembug dalam menyusun rencana program tahunan di kelurahan.

” Forum pramusrenbang kelurahan ini menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan pembangunan di wilayah kelurahan, baik yang ditangani secara swadaya, melalui pos bantuan daerah, menjadi bagian RenjaSKPD Kelurahan, maupun diajukan untuk ditangani oleh SKPD lain yang relevan dengan usulan yang ada.

Usman meminta perlunya menyusun program prioritas. “Bapak-bapak RT/RW harus bisa memilah dan memilih mana yang dinilai paling urgen, itu yang diprogramkan,” pinta Usman.

Dijelaskan, kadang-kadang kita terlalu bernafsu memasukkan banyak program. Padahal kita tahu anggaran tidak mampu mengcover semuanya. Karena itu, Usman mewanti-wanti agar yang diusulkan memang betul-betul yang prioritas saja.

PraMusrembang ini juga membahas tentang perlunya pelibatan RW/RT dalam setiap proyek yang masuk ke wilayahnya. Sebab, tidak jarang kontraktor nanti melapor kalau ada masalah. “Padahal waktu masuk pertama tidak pernah datang memberi penyampaian”, keluh Ketua RW 3 Fatahuddin yang diamini ketua RW & RT lainnya.

Di penghujung acara, Bhabinkantibmas Irwan menyampaikan rencana kegiatan di malam tahun baru agar dilaksanakan pengajian di tiap-tiap masjid.

“Saya harap bapak RW RT menjadi motor penggerak untuk kegiatan pengajian di malam tahun baru nanti,”, tandas Irwan.

Acara ini dihadiri oleh Ketua RT/RW, BKM, Kader Posyandu, Kader posyandu, Pengurus PKK serta Bhabinkamtibmas Kelurahan Mangasa.(*)

Andi Muhammad Fadli