Tokoh Agama Kota Makassar Apresiasi Program Forum Sipakainge Usungan Danny Pomanto

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tokoh Agama Kota Makassar mengapresiasi program Forum Sipakainge yang diusung oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pamanto.

Forum yang menghadirkan perwakilan tokoh agama dan organisasi keagamaan Kota Makassar ini digelar di Hotel Four Points, Jalan Andi Djemma, Selasa (20/12/2022).

Forum tersebut digagas sebagai ajang untuk mendiskusikan masalah sosial berdasarkan presepsi berbagai tokoh maupun dari perwakilan forum keagamaan.

Perwakilan Umat Islam dari MUI Kota Makassar, K.H. Masykur Yusuf, mengapresiasi ide tersebut.

Ia menuturkan dalam sesi diskusi, membangun suatu daerah memang harus dilakukan bersama.

“Dalam islam juga diajarkan seperti itu, sisa diimplementasikan dengan maksimal,” katanya.

Dia turut memuji program Pemkot Makassar, yakni Program Perkuatan Iman, Jagai Ana’ta dan Jagai Kota ta.

Menurutnya, agar program-program tersebut bisa terealisasi dengan baik, dibutuhkan kontribusi dari seluruh lini masyarakat Kota Makassar.

Sejalan dengan K.H. Masykur Yusuf, Tokoh Agama Hindu, Pinandita Wayan Negara, menuturkan agama berperan dalam perubahan sosial masyarakat.

Karena nilai agama menurutnya dapat memengaruhi tindakan yang menggiring ke arah motivasi masyarakat dalam pembangunan.

“Karena agama itu bukan hanya soal ibadah, tapi melakukan pendidikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Lanjut, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pamanto menjelaskan Forum Sipakainge juga menunjukkan bagaimana toleransi dan kebersamaan dalam perbedaan justru mampu saling menyempurnakan.

“Perbedaan itu bukan tembok yang membatasi tapi ruang yang saling melengkapi,” ujarnya.

Diakhir acara, Danny Pomanto meminta kepada seluruh tokoh maupun perwakilan forum keagamaan untuk memberi masukan terkait masalah sosial secara tertulis.

“Forum Sipakainge malam hari ini tentunya tidaklah cukup menyelesaikan hal – hal kecil. Silahkan menulis sehingga kita akan runut dalam program-program kecil di 2023,” tutupnya.

Diketahui, Forum Sipakainge ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, serta organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Makassar.

Acara Forum Sipakainga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dana hibah secara simbolis untuk rumah ibadah, lembaga keagamaan dan pekerja keagamaan.

Penyerahan Dana Hibah diserahkan langsung oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, bersama Wawali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.

Pangkep SC