Kejati Sulselbar Kantongi Nama Tersangka Dugaan Korupsi Penjualan Aset di Takalar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kejati Sulselbar telah mengantongi nama tersangka untuk kasus penjualan lahan milik negara yang berada di wilayah Takalar. Hal ini disampaikan Kasipenkum Kejati Sulselbar, Salahuddin.

“Jadi, kejati telah berkesimpulan terjadi serangkaian perbuatan pidana pada penjualan lahan di desa Laikang. Sejumlah pihak dianggap bertanggungjawab. Yang selanjutnya ditetapkan sebagai tersangka. Untuk saat ini kejati baru menetapkan 1 tersangka, selanjutnya masih didalami yang lainnya untuk ditetapkan sebagai tersangka berikutnya,” ujar Salahuddin.

Namun untuk nama tersangka, Kejati Sulselbar baru merilis identitasnya Senin nanti ( 24/10).

Sebelumya, beberapa orang sempat diperiksa terkait kasus penjualan lahan transmigrasi yang berada di Laikang, kabupaten Takalar. Diantaranya Kepala Kecamatan Mangngarabombang, Noor Uthary dan  Bupati Takalar, Burhanudin Baharudin, yang mengaku tidak terlibat dalam penjualan tanah tersebut.

Dalam kasus ini, Tanah seluas 150 hektar ini telah dikuasai oleh PT Karya Insan Cirebon selaku perusahaan yang hendak menanamkan investasi di daerah tersebut. PT Karya Insan Cirebon telah membeli tanah tersebut dengan harga 16 Milyar rupiah. Namun pihak kejaksaan menduga uang tersebut tidak sepenuhnya dinikmati oleh warga penerima ganti rugi lahan, dan terdapat peran sejumlah pejabat pemda takalar yang turut serta menikmati hasil penjualan lahan negara ini. (SEN)

 

 

PEMKOT-Makassar