Irman YL Perjuangkan Pakasi, SYL : Jangan Bicara Pakasi Anggaran Terbatas

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, belakangan ini tengah memperjuangkan agar guru SMA/SMK sederajat di Sulsel untuk mendapatkan pakasi jika nantinya telah beralih ke Pemprov Sulsel.

Namun, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo masih enggan berbicara untuk membahas pemberian pakasi bagi para guru SMA/SMK di Sulsel. Hal tersebut berdasarkan anggaran yang belum tersedia, apalagi kebijakan dari pemerintah pusat untuk melakukan penekanan anggaran.

“Jangan dulu bicara pakasi bicara dulu tentang anggaran yang kurang” terangnya SYL.

Meski begitu, Syahrul menganggap seluruh pihak harus terlibat dengan alasan kepentingan negara dan kepentingan pemerintahan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo serius memperjuangkan tunjangan pakasi bagi guru SMA/SMK negeri sederajat se-Sulsel.

None memperkirakan, dana untuk pakasi para guru SMA/SMK negeri se-Sulsel mencapai sekitar Rp 300 miliar.

Berkenaan dengan itu, None mengatakan, anggaran tersebut bisa didapatkan dari dana hibah pendidikan gratis Sulsel yang tidak lagi disalurkan. “Selain itu juga bisa didapatkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) pendidikan,” terangnya.

None menjelaskan, jika usulan pemberian pakasi ini diterima, Dinas Pendidikan Sulsel akan membuat regulasi agar para guru memenuhi kompetensi tertentu untuk mendapat pakasi. (*)

 

PEMKOT-Makassar