Pilkada Takalar, TPS Dijaga 1 Orang Pengawas

Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Takalar bersama Bawaslu Sulsel, mengukuhkan 351 Pengawas TPS untuk pilkada Takalar. (int)
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, TAKALAR – Jelang hari pencoblosan Pilkada Kabupaten Takalar, 15 Februari mendatang. Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Takalar mengukuhkan 351 Pengawas TPS di Lapangan Makkattang Dg Sibali Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Senin 23/01/2017.

Selain mengukuhkan pengawas TPS, Panwas Takalar bersama Bawaslu Sulsel  juga menggelar apel siaga yang diikuti oleh Panwas kabupaten, Panwas kecamatan, Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), dan Pengawas TPS se-Kabupaten Takalar.

“Jadi setelah pengukuhan ini, kita apel siaga untuk membangun tekad dan komitmen bahwa mereka akan melakukan dan melaksanakan tugas pengawasan secara konsisten dan independen,” kata Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi.

Dipilkada Takalar nantinya, setiap TPS akan dijaga satu orang Pengwas TPS. Diharapkan dengan adanya tim pengawas di setiap TPS, mampu mengawasi secara ketat kemungkinan terjadinya kecurangan yang bisa saja terjadi.

“Setelah ditahapan Pilkada ini, pasti ada kerawanan. Jadi sebagai pengawas Pemilu, dan pendekatannya adalah pendekatan penegasan,” tambahnya.

Hadir dalam apel siaga ini, perwakilan pemerintah Kabupaten Takalar, Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Kapolres Takalar, Dandim 1426/Takalar, Kepala Sekertariat Bawaslu Sulsel, Ketua Panwaslu Takalar, serta anggota Panwascam, PPL dan Pengawas TPS se Kabupaten Takalar. (SO)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan