Travel Haji dan Umroh “Nakal” Harus Diberi Sanksi Tegas

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang. (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang bertekad dan berkomitmen mewujudkan Sulawesi Selatan sebagai provinsi penyelenggara Haji dan umroh terbaik di Indonesia. Agus AN minta kepada semua pihak termasuk Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh republik Indonesia (Amphuri) untuk menertibkan penyelenggara haji yang terlibat penipuan dalam proses pelayanan perjalanan haji dan umroh.

“Saya minta agar semua pihak yg terkait agar memberi tindakan yang tegas terhadap pelaku penipuan dalam pelayanan perjalanan haji dan umroh, dan yang ditindaki sebaiknya orangnya, karena kalau usahanya saja yang ditutup, orang tersebut masih bisa membuka usaha perjalanan baru, tetapi kalau orangnya yang ditindaki maka orang tersebut tidak mendapat kesempatan lagi untuk mengurus izin usaha biro perjalanan,” tegas Agus.

Agus AN yang juga Ketua Persaudaraan Haji Indonesia Sulawesi Selatan menegaskan bahwa bukti keseriusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam memperbaiki pelayanan haji di Sulawesi Selatan adalah dibuatnya jalan tembus dari Asrama Haji menuju lapangan udara yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama lima menit untuk sampai di tangga pesawat.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Amphuri Joko Asmoro mengatakan bahwa satu satunya organisasi yang memiliki standar ISO hanyalah Amphuri.

Joko mengakui jika banyak pengusaha biro perjalanan yang ingin bergabung dengan Amphuri, namun pihaknya tetap memberlakukan penerimaan anggota dengan sangat selektif. Menurutnya Amphuri hanya menerima anggota bagi yang memiliki izin yang sah. (SO)

PEMKOT-Makassar