Wapres RI Jusuf Kalla Kunjungi Wisata Negeri di Atas Awan, Ini yang Akan Dilakukan

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, TORAJA UTARA- Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), pagi hari tadi, Senin (23/1/2017) mengunjungi objek wisata Negeri di Atas Awan yang terletak di Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu.

IMG_9322

Usai menikmati keindahan awan dari ketinggian 1300 dari permukaan laut (mdpl), JK mengatakan, wisata Lolai merupakan gabungan antara wisata budaya dan alam.

“Kota di atas awan tidak banyak di Indonesia. Orang datang ke sini untuk melihat keindahan khas yaitu keindahan wisata alam dan wisata budaya,” ujar JK.

Ia juga mengatakan, agar wisata yang ada di Toraja semakin diexplor supaya bisa menyaingi Bali. Menurutnya, pada tahun 70-an, potensi wisata di Toraja sejajar dengan Bali.

“Tahun 70-an, Bali, Toraja, dan Danau Toba merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tapi karena faktor adanya bom Bali, ketiganya menurun drastis. Bali bisa recovery, tapi Toraja dan Danau Toba tidak,” ujarnya lagi.

JK menambahkan, untuk menjadikan wisata Toraja seperti Bali, warga harus jaga kebersihan, disiplin, dan ramah. Selain itu, infrastruktur juga harus diperbaiki.
“Dulu wisatawan rela naik bus 8-9 jam untuk menikmati wisata di Toraja, sekarang tidak mau lagi. Ini yang haus dipikirkan. Jangan juga membangun vila yang bisa menutupi keindahan wisata alam di Toraja. Keindahan ini anugerah dari Tuhan, jadi harus bisa dinikmati bersama-sama,” ujarnya.

Andi Muhammad Fadli