DPPPA Sosialisasi Penyajian Data Gender dan Anak

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, PANGKEP — Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak(DPPPA) Kabupaten Pangkep melaksanakan sosialisasi penyajian data gender dan anak. Soisialisasi berlangsung di aula hotel Matammpa Inn, Rabu(23/6/21).

Sosialisasi yang diiikuti oleh pimpinan OPD dibuka langsung oleh bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL).

Dikatakan MYL, sejak awal ia menjabat bupati sudah menginstruksikan kepada OPD, camat, lurah, desa agar persoalan data dapat diselesaikan dengan cepat.

Ia mengatakan, jangan lagi terjadi saat data dibutuhkan harus menunggu satu minggu bahkan lebih.

Ia juga mengatakan, data yang akurat sangat penting. Sebab, Data menjadi acuan dalam menyusun program yang akan dijalankan.

“Saya tidak ingin, pada saat kita ingin data harus menunggu satu minggu. Saya berharap, data-data bisa disajikan cepat,”katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Fitriah Zainuddin mengatakan, tujuan sosialisasi ini program strategis penyajian data terpilah Sistem informasi data gender dan anak.

Difokuskan, bagaimana data tersedia untuk perencanaan, evaluasi dan paling penting bukan hanya jenis kelamin tapi bagaimana ketersediaan sarana prasarana serta perencanaan yang baik untuk laki-laki dan perempuan.

“Selama ini kita tau, kesetaraam gender itu kita butuhkan kesetraan perempuan dan laki-laki,”katanya.

Ia juga memuji DPPPA Pangkep, karena termasuk dari 16 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang menjalankan sistem informasi data gender dan anak online.

Ditambah lagi, sosialisasi menghadirkan pimpinan OPD bahkan bupati yang membuka secara langsung.

“Ini terobosan yang bagus, karena menghadirkan OPD, dan bupati sendiri berkomitmen bagaimna sistem data tersedia,”tambahnya.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC