Kejati Sulselbar Tetapkan Camat Mangarabombang Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Penjualan Aset di Takalar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –┬áTim penyidik Kejaksaan Tinggi Sulselbar telah menetapkan satu orang tersangka yakni Kepala Kecamatan Mangarabombang, Noor Uthary dalam kasus dugaan korupsi penjualan aset daerah berupa tanah seluas 150 hektar di daerah laikang, Kecamatan mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Kasi penerangan hukum, Kejati Sulselbar, Salahuddin menerangkan bahwa camat dianggap bertanggung jawab dalam kasus ini karena perannya yang mengeluarkan sejumlah dokumen pendukung, seperti sporadik , surat hak garap dan hak guna bangunan (HGB) atas nama masyarakat selanjutnya melakukan penjualan lahan negara.

“jadi tim sudah melakukan ekspose dan hasilnya adalah tim menetapkan camat sebagai tersangka. perannya jelas karena camat yang mengeluarkan dokumen pendukung untuk melancarkan aksinya untuk menjual lahan negara di daerah laikang itu.” jelas Salahuddin

Tanah seluas 150 hektar ini telah dikuasai oleh PT Karya Insan Cirebon selaku perusahaan yang hendak menanamkan investasi di daerah tersebut. PT Karya Insan Cirebon telah membeli tanah tersebut dengan harga 16 Milyar rupiah. Namun pihak kejaksaan menduga uang tersebut tidak sepenuhnya dinikmati oleh warga penerima ganti rugi lahan, dan terdapat peran sejumlah pejabat pemda takalar yang turut serta menikmati hasil penjualan lahan negara ini. (SEN)

PEMKOT-Makassar