Alhamdulillah, Permohonan Penangguhan Penahanan Yusniar Diterima Majelis Hakim

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Majelis Hakim Pengadilan Negri Makassar yang dipimpin oleh Kasianus akhirnya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan terhadap Yusniar, terdakwa kasus penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap salah seorang legislator DPRD Jeneponto. Yusniar yang sebelumnya berstatus tahanan rutan kini menjadi tahanan kota.

img_6209“majelis hakim mengabulkan permohonan penangguhan penahanan terhadap terdakwa atas nama Yusniar menjadi tahanan kota, ” ucap Kasianus, Hakim Ketua saat persidangan

Sementara itu, Kuasa Hukum Yusniar, Asis Dumpa mengaku sangat mengapresiasi putusan yang dikeluarkan Majelis Hakim.

“kita mengapresiasi putusan yang ditetapkan hakim dengan mengalihkan status yusniar dari tahanan rutan ke tahanan kota, ini tentu akan mempelancar proses hukum yang akan berjalan,” Ujar Asis Dumpa usai persidangan.

Selain itu, sidang dengan agenda Pembacaan Putusan Sela atas Eksepsti atau nota keberatan yang diajukan pihak Yusniar juga telah berlangsung di Pengadilan Negri Makassar.

Majelis Hakim memutuskan menolak eksepsi Yusniar dan meminta Jaksa Penuntut Umum untuk menlanjutkan persidangan dengan menghadirkan saksi. Sehingga sidang di tunda hingga pekan depan pada tanggal 30 November 2016.

Dalam perkara ini, Yusniar disangkakan pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, karena sebuah status “no mention” yang ia posting melalui akun facebooknya.

Pada persidangan perdana yang digelar di Pengadilan Negri Makassar, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengatakan Yusniar terancam hukuman maksimal enam tahun penjara dengan denda 1 milyar rupiah. (SEN)

PEMKOT-Makassar