Dorong Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Pemkab Sidrap Libatkan Pelajar di Musrenbang

SUARACELEBES.COM, SIDRAP –  Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten sidrap yang digelar tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya melibatkan para tokoh masyarakat dan sejumlah pekabat  terkait, kali ini pelajar pun ikut dilibatkan.

Hal itu terlihat dalam kegiatan Musrenbang anak tingkat Kabupaten Sidrap di Aula Kompleks SKPD yang telah berlangsung sejak Kamis kemarin hingga hari ini Jumat, 24 Februari 2017.

Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, dan Perlindungan Anak bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah Sidrap. Kegiatan Musrenbang itu dirangkaikan dengan Forum Anak Sidrap.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, dan Perlindungan Anak Sidrap, Patahangi Nurdin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong partisipasi anak dalam pembangunan, khususnya dalam perencanaan pembangunan.

“Pelibatan anak dalam perencanaan pembangunan sangat penting, karena pembangunan arah pembangunan harus peduli anak, termasuk perlindungan akan hak-hak anak patut jadi perhatian agar bisa menciptakan kabupaten yang layak anak,” jelasnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari fasilitator dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Sulsel, Ardian. Forum anak itu kata dia sangat baik karena mampu memberikan kebebasan kepada setiap anak untuk mendapatkan hak anak.

“Anak-anak memiliki hak yang perlu perhatian forum ini sangat baik,” katanya.

 

PEMKOT-Makassar