Konsep Pasar Ramah Anak, Inovasi Pasar Sumpang Minangae Parepare

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Untuk menuju pasar Modern yang kreatif dan inovatif, Pasar Rakyat Sumpang Minangae Kota Parepare kini terus berbenah dengan konsep Pasar rakyat yang modern.

Pasar rakyat yang masuk nominasi lomba pasar pangan aman dan pasar wisata, kini mulai melakukan berbagai konsep kreatif dengan mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal, dan kini melakukan inovasi-inovasi untuk menuju Pasar Ramah Anak.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD Pengelola Pasar Kota Parepare, Rahim Sadda saat menjadi narasumber di Talkshow TV Peduli, Selasa (23/2/2021).

Ia menyampaikan, bahwa saat ini pihak pengelola pasar Sumpang Minangae mempunyai konsep yang tidak terlepas dari penegakan Protokol Kesehatan di masa pandemi ini.

“Jadi terkhusus untuk ramah anak, kami berencana dan sebenarnya sudah terlaksana. Jadi untuk anak-anak di bawah umur kita kadang memberikan tempat khusus atau tempat tunggu. Terkhusus pasar sumpang, kami berlakukan untuk anak-anak, dan kita halau kemudian kita suruh tunggu di tempat ruang tunggu yang berada di depan sebagai wadah untuk beristirahat. Karena kalau anak-anak masuk ke dalam pasar dan berbaur dengan pedagang dan pembeli, Itu kekhawatiran kami. Jadi khusus untuk anak-anak, kami berikan ruang tunggu di depan yang tentunya kedepan bagaimana kita berpikir memberikan kenyamanan kepada anak-anak pada saat dia menunggu orang tuanya,”Jelas Rahim.

Sementara Kepala Bidang Metrologi Legal dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kota Parepare, Rustan Asta membenarkan bahwa sudah sepatutnya ada ruang bagi anak-anak yang dapat dibuat di luar pasar untuk memberikan kenyamanan dan menyediakan wahana bermain bagi anak-anak.

“Semoga pihak swasta yang bisa berkolaborasi untuk menyediakan wahana bermain anak-anak di luar pasar. Jadi harapan kami, kita akan kolaborasi dengan gabungan dinas bagaimana untuk berpikir agar sejalan dengan konsep kami ini agar bisa berjalan dengan baik sesuai harapan kita. Karena ruang tunggu yang kami akan sediakan nantinya dapat memberikan kenyamanan bagi anak-anak untuk bermain dengan memanfaatkan taman-taman yang adi sekitar pasar,”terang Rustan.(*)

PEMKOT-Makassar