Pemkab Pangkep Gelar Musrenbang RPKD Tahun Anggaran 2022

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PANGKEP- Pemerintah Kabupaten Pangkep menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah ( Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022, di Kelurahan Tonasa Kecamatan Balocci, Selasa, 23/3/2022.

Musrenbang Tahun ini mengambil tema: “Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Sosial Melalui Peningkatan SDM dan Infrstruktur Perekonomian Yang Berorientasi Pada Potensi Keunggukan Lokal”.

Bupati Pangkep diwakili Sekretaris daerah, Irdas, membuka secara resmi acara Musrenbang tingkat kabupaten Pangkep yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, OPD, Camat, Lurah dan Tokoh masyarakat.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lologau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Pangkep, Irdas, mengatakan, Penyelenggaraan Musrenbang
merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka menkoordinir kepentingan masyarakat untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang transparan serta dapat dipertanggung jawabkan,” katanya.

Terkait Pelayaanan kepada masyarakat, Muhammad Yusran menegaskan, Dilingkungan- lingkungan pemerintah kabupaten Pangkep dan Dprd sampai saat ini kita masih tetap konsisten untuk meningkatkan pelayanan disemua sektor dalam rangka mewujudkan masyarakat madani yang sejahtera, unggul berdaya saing , religius berbasis sumber daya lokal sebagai misi kabupaten Pangkep yang menjadi cita- cita kita bersama,” tegasnya.

Menurut Muhammad Yusran, Kabupaten Pangkep dari Tahun 2017 sampai dengan 2019, menunjukkan capaian signifikan diantaranya adalah persentase tingkat kemiskinan yang mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir dari 16,22 persen dari tahun 2017 menjadi 15,10 persen ditahun 2018 dan 14,06 persen ditahun 2019 dengan tingakat rata- rata penurunan kemiskinan 1 persen atau satu digit, untuk tahun 2020 besarnya persentase penurunan kemiskinan hanya 0,1 persen dari tahun sebelumnya dengan capaian 13,96 persen hal ini disebabkan adanya guncangan global yaitu dampak dari pandemi Civid-19 sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat khususnya pada sektor kesehatan, pendidikan, perekonomian dan aspek dasar lainnya yang berimbas pada berdampaknya tingkat kemiskinan,” Katanya.

” Yang perlu menjadi perhatian kita adalah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang
masih cukup tinggi dengan rata- rata capaian untuk tiga tahun terakhir sebesar 6,91 persen pada tahun 2018 dan 5,41 persen pada tahun 2019 serta 5,18 persen pada tahun 2020, persentase penurunan dari tahun 2019 ke 2020 sebesar 0,23 persen,” Tambahnya.

Pemerintah Kelurahan Tonasa sebagai tuan rumah penyelenggara Musrenbang tingkat kabupaten Pangkep, mendapat aperesiasi dari para peserta serta tamu undangan yang hadir, karena selain melibatkan unsur pemerintah dalam menyukseskan jalannya Musrenbang tersebut kontribusi SatLinmas kelurahan Tonasa dalam hal pengamanan patut diacungkan jempol. (Amn)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC