OPINI : PJ Gubernur Gorontalo Ibarat Orang yang Membersihkan Rumah Berantakan

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

Oleh Aldy Ibura adalah Presiden Mahaiswa UNG 2020

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Awal presiden memilih PJ Gubernur Gorontalo dan dilantik oleh Mendagri saya berpandangan bahwa kelak, kerja yang akan dilaksanakan oleh Bapak Hamka sebagai PJ Gub terbilang cukup berat dan rumit. Jumat (23/12/2022).

Hal ini dikarenakan Gorontalo adalah daerah yang unik, kecil memang, tapi tensi dan suhu politik di Gorontalo hampir menyamai dinamika yang terjadi di Ibu Kota Jakarta.

Di sisi lain masalah-masalah yang belum dapat dituntaskan oleh pemerintahan yang sebelum-sebelumnya seperti kemiskinan, pembangunan dan masih banyak lainnya.

Kita juga tidak melupakan bahwa pada tahun 2018 Gorontalo mendapatkan predikat Provinsi termiskin ke 5 di Indonesia sebagaimana rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Dengan kondisi demikian maka, hal yang wajar jika ada beberapa berita tentang kritik, saran dan apresiasi diterima oleh PJ Gubernur Gorontalo Bapak Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si. Ph.D.

Ada hal yang membuat saya tertarik dari sosok PJ GUB, pertama beliau bukan dari golongan partai, jadi tidak akan ada cerita ketergantungan dari kebijakan dan kehendak partai, kedua beliau tidak ada problem atau keterikatan dengan elit-elit yang ada di Gorontalo, tentu hal ini akan sangat baik, sekali lagi tidak ada beban moral jika PJ GUB akan melakukan Inovasi-inovasi yang baik untuk Gorontalo.

Ketiga jika melihat status keilmuan, beliau adalah orang yang berkompeten dan berpendidikan, jika ini dimanfaatkan untuk membangun Gorontalo akan sangat baik.

Terakhir, berbicara kepemimpinan dan pengalaman dalam organisasi PJ GUB juga adalah sosok yang aktif dalam berbagai macam organisasi, seperti Organisasi kepemudaan, HMI, KNPI dll.

Sebagai Masyarakat Gorontalo, juga sebagai kalangan Milenial, saya berharap Bapak PJ Gubernur dapat melanjutkan dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, sehingga masalah-masalah yang dialami oleh masyarakat Gorontalo dapat diminimalisir dan diselesaikan dengan harapan dapat mengangkat atau memperbaiki kembali nama daerah Gorontalo.(*)

Pangkep SC