banner dprd mkassar

Libatkan Penyandang Disabilitas Hingga Aktivis Perempuan, Peringatan Hari Ibu Tingkat Provinsi Sulsel Berlangsung Meriah

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Peringatan Hari Ibu Tingkat Provinsi Sulsel berlangsung meriah di Hotel Claro Makassar, Minggu, 24 Desember 2023. Tidak hanya dihadiri Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, sejumlah tokoh perempuan Sulsel, para ketua organisasi perempuan di Sulsel, tapi juga melibatkan aktivis perempuan hingga penyandang disabilitas.

Peringatan Hari Ibu yang ke-95 ini mengangkat tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju, Perempuan Bersuara Aku Mau Kamu Tau. Pada momentum ini, dilakukan penandatanganan komitmen bersama perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan, pementasan teater, serta persembahan dari anak-anak disabilitas Down Syndrome.

Suasana haru mewarnai momentum Peringatan Hari Ibu tersebut, saat bintang tamu menyanyikan lagu Bunda ciptaan Melly Goeslow, dan panitia memutarkan video ucapan Selamat Hari Ibu dari Bilqis, putri sulung Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Sofha Marwah.

Tangis haru Sofha Marwah dan seluruh undangan yang hadir makin tak terbendung, saat sejumlah anak down syndrome menghampiri Sofha Marwah, seraya memberikan karangan bunga. Mereka pun disambut dengan pelukan hangat dari Bunda PAUD Sulsel ini.

Dalam sambutannya, Sofha Marwah menyampaikan jika Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia yang diawali dengan Kongres Perempuan Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta, dan telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama yang menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia dalam mengambil peran di setiap derap pembangunan Indonesia.

Hari Ibu bukanlah sekedar peringatan Mothers day, namun lebih mengarah pada penegakkan tonggak pergerakan Perempuan Indonesia dalam berkontribusi aktif memajukan bangsa. Peringatan Hari Ibu adalah moment penting sebagai penghargaan dan penghormatan terhadap peran luar biasa perempuan, khususnya Perempuan Sulawesi Selatan dalam peran luar biasanyanya memajukan kehidupan bangsa serta sebagai kesempatan untuk merayakan kekuatan dan peran Perempuan dalam Pembangunan.

“Tema PHI ke-95 tahun ini tetap konsisten dengan tema tahun sebelumnya : Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. Merupakan panggilan untuk memahami dan menghargai kontribusi yang signifikan yang diberikan oleh Perempuan dalam memajukan Provinsi Sulawesi Selatan ini,” ujarnya.

Menurut Sofha Marwah, sudah saatnya Perempuan bukan hanya penerima manfaat pembangunan, tetapi juga agen of change, perempuan aktif menjadi penggerak dalam mendorong inovasi, keadilan sosial dan kesetaraan gender. Perempuan Sulawesi Selatan adalah perempuan-perempuan tangguh dan berdaya, mampu mewarnai segala proses memajukan Sulawesi Selatan.

“Peringatan Hari Ibu ke – 95 tahun 2023 merupakan kesempatan ideal untuk menghargai peran dan pencapaian Perempuan di Sulawesi Selatan dalam berbagai bidang; mempromosikan kesetaraan gender dan peningkatan perlindungan Perempuan dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan Keputusan; memotivasi Perempuan untuk mengambil peran aktif memajukan negara dan memajukan keragaman budaya dan warisan Sulawesi Selatan,” urainya.

Momentum PHI tahun ini, kata Sofha Marwah, bersamaan dengan periode politik persiapan Pemilu 2024. Hal ini tentu saja akan menjadi momentum tepat untuk meningkatkan wawasan, kesadaran, dan sikap positif perempuan tentang peran strategis perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024.

“Peran Perempuan sangat diharapkan dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai,” imbuhnya. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *