Tiba di Gorontalo, Menpora Zainudin Amali Disambut Adat Mopotilolo

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, disambut adat Mopotilolo di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Senin (23/1/2023). Mopotilolo merupakan upacara adat untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota.

Upacara Mopotilolo dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo). Penyambutan diiringi tabuhan gendang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Setibanya di rumah jabatan Bupati Boalemo, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Menpora bersama rombongan selama berada di Boalemo.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Boalemo, Menpora Zainudin Amali menghadiri kegiatan silaturahmi dengan pengurus dan anggota Ikatan Organisasi Guru Olahraga Nasional (Igornas) Provinsi Gorontalo dan Boalemo. Selanjutnya, Menpora yang turut didampingi oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, berkunjung ke SMK Negeri 1 Tilamuta dalam rangka temu atlet berprestasi.

Pada sore harinya Menteri kelahiran Gorontalo ini meresmikan pemanfaatan Stadion Gelora Pemuda Boalemo. Usai peresmian, Menpora bersama Penjagub Gorontalo menyaksikan pertandingan sepak bola persahabatan antara PS Boalemo melawan Persidago Gorontalo.(*)

Pangkep SC