Kajati Baru Tangguhkan Penahanan Tersangka Korupsi Alkes Pangkep, Ini Kata ACC

Tersangka korupsi alkes Pangkep, Susanto Cahayadi.
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM – Penangguhan penahanan yang diberikan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alkes Pangkep, Susanto Cahyadi dinilai prematur oleh Anti Coruption Comuniti ( ACC.) Hal ini disampaikan oleh Ketua Badan Pekerja dan Peneliti ACC Sulsel, Wiwin Suwandi, Sabtu (25/2/2017).

“Meskipun penangguhan penahanan merupakan wewenang penegak hukum, tapi alasan-alasan penangguhan penahanan yang dikeluarkan kejati terlalu prematur,”ujar Wiwin.

Selain alasan yang terlalu prematur, Wiwin juga menilai bahwa penangguhan penahanan kepada Susanto Cahyadi adalah sebagai bentuk kompromi penegak hukum dengan tersangka kasusĀ  korupsi.

“Mestinya yang bersangkutan tetap ditahan untuk mempermudah proses penyidikan,”pungkas Wiwin.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa status Susanto Cahyadi kini menjadi tahanan kota. Kasipenkum Kejati Sulselbar, Salahuddin menerangkan dasar diberikan penagguhan penahanan terhadap susanto adalah karena beberapa pertimbangan.

“Dasarnya mengacu kepada pertimbangan objectiv dan subyektiv yaitu tersangka tidak akan melarikan diri, tersangka tidak akan mengulangi perbuatan dan tersangka tidak menghilangkan barang bukti,”papar Salahuddin.

Ditambahkan Salahuddin, faktor lainya adalah bahwa tersangka akan kooperatif dalam menjalani proses penyidikan. Selain itu tersangka juga dipertimbangkan telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 6 Milyar.

Diketahui Susanto Cahyadi ditahan oleh Kejati pimpinan Hidayatullah pada 14 Februari 2017. Namun dibawah kepemimpinan Kajati baru, Susanto mendapat penangguhan penahanan.(*)

 

Pemkot Makassar SC