Ketua PKK Ungkap Parepare Kota Responsif Gender, Layak Naik Kelas Anugerah Parahita Ekapraya

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengikuti verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara daring, Kamis, 25 Maret 2021.

Erna Rasyid Taufan mendukung verifikasi lapangan APE ini dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Pembangunan dan penganggaran Parepare sudah responsif gender. Karena itu saya berharap pada Anugerah Parahita Ekapraya kali ini kategori penilaian Parepare lebih meningkat,” harap Erna.

Harapan Erna menguat karena Tim Verifikator Independen Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang turun melakukan verifikasi lapangan di Parepare, Kamis, 25 Maret 2021, mengaku puas dengan presentasi dan kondisi faktual.

Tim Verifikator Independen yang dipimpin Rini Surojo mengapresiasi sambutan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe ditunjang pemaparan Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, serta Erna Rasyid Taufan terkait capaian program dan kegiatan Pemkot Parepare yang berbasis responsif gender.

“Sambutan Bapak Wali Kota dan paparan Kepala Bappeda sudah menjawab semua jawaban-jawaban dari matriks yang bapak dan ibu isi terkait pengarustamaan gender di Parepare. Olehnya itu, mohon supaya sambutan dan paparan tadi disampaikan ke penghubung dan matriks yang dibuat direvisi sesuai sambutan dan paparan tadi,” pinta Bunda Rini, sapaannya.

Verifikasi lapangan ini berlangsung secara daring dan luring di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Kamis, 25 Maret 2021.

Wali Kota Parepare hadir langsung memberikan sambutan, Kepala Bappeda Parepare yang memaparkan. Kemudian dari Provinsi Sulsel hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dakduk KB). Dari Parepare SKPD driver terkait, lembaga, perguruan tinggi, gender champion, dan media.

Wali Kota Taufan Pawe dalam sambutannya, mengulas sosok BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Habibie sebagai sumber inspirasi dalam membangun Parepare.

“Di sini (Parepare) lahir tokoh teknokrat dunia dan Presiden ke-3 RI, Bapak BJ Habibie. Sosoknya bersama istri beliau, Hasri Ainun Habibie menjadi telada dan inspirasi. Itulah sebabnya saya hadirkan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun sebagai simbol pengarustamaan gender di Parepare,” ulas Taufan Pawe.

Taufan mengemukakan, sejumlah program, kebijakan, dan penganggaran, termasuk penempatan jabatan struktural dan fungsional diwujudkan di Parepare sebagai Kota Responsif Gender. (*)

 

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC