Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat  Jaga Keamanan dan Ketertiban Nataru, Penjagub Gorontalo Dapat Apresiasi

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggandeng seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam, Kepemudaan, dan Kemahasiswaan, bergandengan tangan dengan pemerintah dan personil keamanan untuk memberikan rasa nyaman kepada umat Nasrani menjalankan ibadah Natal.

“Kami sangat mengapresiasi gagasan bapak Penjagub Gorontalo yang mengajak kami dari berbagai unsur ormas untuk turut serta menjaga dan memantau kondisi keamanan dalam pelaksanaan ibadah di sejumlah gereja. Mudah-mudahan bukan sekali ini saja kami dilibatkan, tetapi ini sebagai langkah pertama untuk melakukan gerakan bersama menjaga keamanan,” kata Ketua Pemuda Muhammadiyah Provinsi Gorontalo, Arman Sayiu, saat diwawancara di rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu malam (24/12/2022).

Arman menilai, kondisi keamanan di Gorontalo sangat kondusif. Menurutnya, hal itu terjadi karena masyarakat selalu mengedepankan sikap dan perilaku saling menghargai.

“Saat umat Nasrani beribadah, kami akan turut menjaga keamanan. Sebaliknya, pada saat umat Islam beribadah, umat Nasrani juga akan turut menjaga keamanan. Sama-sama kita saling menjaga keamanan dan memberi kenyaman kepada umat beragama yang beribadah,” ujarnya.

Sebelumnya, Penjagub Gorontalo bersama unsur Forkopimda, FKUB, FKDM, serta ormas-ormas Islam, kepemudaan, dan kemahasiswaan memantau kondisi keamanan di sejumlah gereja di Kota Gorontalo. Tiga gereja yang dikunjungi oleh rombongan yaitu Gereja Katolik Santo Kristoforus, Gereja Protestan Jemaat Imanuel, dan Gereja JKI FHCC.

Ormas yang turut serta pada kegiatan itu di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi, GP Ansor, Pemuda Muhammdiyah, dan Pemuda Pancasila. Ada juga Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, serta Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.(*)

Pangkep SC