ADD Sulsel Tahun Ini Mencapai Rp1,8 triliun

Mustari Soba, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Sulsel.
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Alokasi Dana Desa (ADD) di Provinsi Sulsel 2017 mencapai Rp1,8 triliun lebih. Angka itu naik sekitar Rp400 miliar dibanding ADD 2016 yang hanya Rp1,4 triliun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Sulsel, Mustari Soba mengatakan, kenaikan dana desa sudah sesuai dengan rencana pemerintah pusat yang tiap tahun meningkatkan alokasinya, apalagi penyerapan dana desa di Sulsel dinilai sudah cukup bagus.

Khusus soal pemanfaatan dana desa tahun 2017, Mustari menerangkan tidak lagi hanya fokus infrastruktur desa, tetapi juga untuk pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Secara keseluruhan tahun pertama dan kedua untuk pembuatan jalan. Tahun ketiga ini sudah bisa digunakan untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Artinya, dana itu bisa masuk hampir Rp200 juta untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga ini bisa dimanfaatan untuk meningkatkan ekonomi rakyat,” kata Mustari Soba.

Menurut dia, hingga saat ini, jumlah BUMDes yang ada di daerah ini sudah sekitar 900.

“Tetapi yang terdaftar karena mungkin baru lengkap dokumennya baru sekitar 700 BUMDes,” terangnya.

Ia pun menargetkan, pada 2017 pihaknya berupaya semua desa penerima dana akan memiliki BUMDes. Pihaknya berjanji akan duduk bersama membahas kendala yang menghambat pembentukan BUMDes

“Kendala utamanya yang kami deteksi, umumnya masyarakat desa berpikir soal modal. Ini yang akan kami berikan pemahaman bahwa soal modal itu urusan belakang. Kita bentuk kelembagaan dulu dan meningkatkan SDM, sehingga mereka bisa mengelola apa yang menjadi potensi di desa masing-masing,” ujar dia.(*)

 

Gerinra Sulawesi Selatan