Kemensetneg-RI Lakukan Peninjauan Lapangan Verifikasi Usulan Satyalencana Wirakarya di di Kabupaten Gorontalo

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Tim Sekretariat Militer Presiden (Satmilpres) dari Kementerian Sekretariat Negera (Kemensetneg-RI) lakukan peninjauan lapangan di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) pada Jumat, (26/05/2023).

Peninjauan yang dilakukan di Pusat Pembelajaran keluarga (Puspaga), ini dalam rangka memverifikasi usulan Satyalencana Wirakarya yang merupakan program Bangga Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Tahun 2023.

Hal itu dikarenakan, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Ketua TP-PKK Fory Naway saat ini dinobatkan sebagai calon penerima tanda penghormatan Penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Yang menjadi fokus penilaian dari tim verifikasi adalah keberhasilan program pembangunan khususnya dibidang kependudukan dan keberhasilan program inovasi yang tercantum pada 10 program PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabgor.

Tim verifikasi Satmilpres juga didampingi langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo Hartati Suleman.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPP-KB) Kabupaten Gorontalo, Rismawaty Arsyad mengatakan tujuan dari verifikasi lapangan ini adalah untuk mensinkronkan paparan calon penerima Satyalencana Wirakarya dengan kenyataan dilapangan.

“Hari ini tim langsung meninjau ke Puspaga untuk berinteraksi dgn forum anak terkait peran forum anak dalam menjadi pelopor aspirasi anak .ā€¯Jelasnya.

Kadis DPP-KB juga menyampaikan kalau dokumen dari kedua calon penerima Satyalencana Wirakarya juga sudah dikirimkan sejak Januari 2023, dan sudah lolos pada tahapan awal.

“Kedua calon ini ketika di screening tidak ada catatan-catatan yang bisa menjatuhkan kedua calon penerima ini, baik dari KPK, Kejaksaan dan lembaga-lembaga yang memang berhak berwenang untuk memberikan catatan kepada calon penerima Satyalencana Wirakarya”. Terangnya.

Terakhir mewakili Pemerintah Daerah, Rismawaty berharap agar inovasi-inovasi yang tercantum pada 10 program PKk dapat berjalan terus dan dipertahankan.

“Jadi memang ada beberapa inovasi dan setelah dilihat di lapangan memang inovasinya masih berlanjut, sehingga mungkin apa yang sudah bagus kita lanjutkan dan yang masih kurang akan kita perbaiki”. Pungkasnya.(*)

Bapenda-makassar
Banner-nasdem
capil-makassar