Jurnalis Online Bolmut Desak POLRI Usut Tuntas Kasus Pembacokan Terhadap Wartawan di Gorontalo

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Jurnalis Onlie Bolmut (JOB) mengecam keras  pembacokan Wartawan di Kota Gorontalo, provinsi Gorontalo JOB juga meminta Kapolda Gorontalo mengusut tuntas, serta menyeret dalang dan pelaku pembacokan terhadap Oknum Wartawan yang Juga Pimpinan Redaksi Butota, Id Jefri Rumampuk.

Ketua Jurnalis Online Bolmut Patris Babay , menyatakan, sebagaimana amanat Undang Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers, bahwa wartawan dalam bertugas menjalankan profesinya dilindungi undang undang. Oleh karena itu diminta atau tidak  aparat kepolisian dari tingkat paling bawah setingkat Kapolsek, sampai Kapolda dan Kapolri, wajib melindungi wartawan dari kejahatan sebagaimana dialami Saudara Jefri Rumampuk dengan Luka Bacokan Di bagian lengan.

“Siapapun pelaku dan aktor di balik kasus pembacokan tersebut harus dihukum berat, karena bagaimanapun kekerasan terhadap Pers tidak dibenarkan dan merupakan pelanggaran berat,” ujar patris, Jumat (25/6-2021)

“Pers bekerja dilindungi undang-undang, dan apabila masyarakat tidak puas terhadap pemberitaan wartawan bisa menyanggahnya melalui ketentuan hak jawab sebagaimana diatur UU No 40 Tahun 1999 tentang pers,”tegasnya kembali.

Sehubungan itu pula Kapolda Gorontalo IRJEN POL Dr AKHMAD WIYAGUS, S.ik, M.si diingatkan agar memberikan perhatian khusus, dan membentuk tim untuk segera mengusut tuntas kasus ini sehingga bisa segera diungkap siapa dalang pelakunya dan apa motif dari pembacokan tersebut.

Dengan adanya beberapa kasus kekerasan terhadap Para Jurnalis ini membuktikan sekaligus menunjukkan indikasi, bahwa wartawan dalam bertugas penuh resiko dan ancaman bahaya. Sehingga Jurnalis Online Bolmut secara khusus meminta agar wartawan dalam bertugas lebih memperhatikan keselamatan jiwanya dari pada liputan berita.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC